Penyambutan Tim Penerjunan PPL IAIN KUDUS di Pesantren Riset Al-Muhtada pada Kamis, 14 Juli 2022

http://www.instagram.com/p/CgEw9wIrC5K/?utm_source=ig_web_copy_link

Kamis, 14 Juli 2022, telah diselenggarakan penyambutan Tim Penerjunan PPL IAIN Kudus di Pesantren Riset Al-Muhtada bertempat di Aula Asrama Putri, Pesantren Riset Al-Muhtada. Praktik Pengenalan Lapangan atau disingkat PPL, merupakan salah satu program pengembangan mata kuliah dari IAIN Kudus kepada mahasiswanya. Kegiatan PPL kali ini terkhusus kepada mahasiswa dari program studi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) yang berjumlah 20 mahasiswa, terdiri dari 10 mahasiswa putra dan 10 mahasiswa putri.
Acara penyambutan dihadiri oleh pengasuh Pesantren Riset Al-Muhtada, Dr. Dani Muhtada, M.Ag., M.PA., MA sekaligus membuka acara dan Dr. Imam Baehaqi, Guru mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada. Dari IAIN Kudus sendiri dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), yang terdiri dari Dr. Fathul Mufid, S.Ag., M.Si, Dr. Irzum Farihah, S.Ag., M.Si, dan Dr. Hj. Ulya, M.Ag. Tidak hanya itu, mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada yang berada di asrama juga ikut serta meramaikan jalannya penyambutan Tim Penerjunan PPL IAIN Kudus dan membawa kehangatan akan ukhuwah islamiyah yang terjalin berkelanjutan.
Acara penyambutan berlangsung dengan khidmat yang diawali oleh Dr. Dani Muhtada, M.Ag., M.PA., M.A selaku Pengasuh Pesantren Riset Al-Muhtada yang menyampaikan selayang pandang tentang Pesantren Riset Al-Muhtada kepada mahasiswa PPL IAIN Kudus dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Setelahnya, dilanjutkan penyerahan mahasiswa PPL IAIN Kudus oleh DPL yang dalam hal ini diwakili oleh Dr. Fathul Mufid, S.Ag., M.Si. Bukan tanpa tujuan, kegiatan PPL mahasiswa IAIN Kudus di Pesantren Riset Al-Muhtada selain untuk memperluas relasi dan silahturahmi, juga sebagai langkah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan riset sebelum menuju pembuatan skripsi. Selama 14 hari, mahasiswa PPL IAIN Kudus akan mendapatkan pembinaan intensif dan komprehensif dari para Guru dan Pengasuh Pesantren Riset Al-Muhtada terkait metodologi penelitian sehingga output yang dihasilkan setelah PPL usai nantinya mahasiswa memiliki pemahaman dan keterampilan mumpuni tentang penelitian dan siap bertarung dalam pengerjaan skripsi. Selain itu, kegiatan rutinan mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada seperti mengaji bersama, kultum, dan ta’lim akan diikuti juga oleh mahasiswa PPL IAIN Kudus sebagai stimulus tambahan selama mengikuti PPL di Pesantren Riset Al-Muhtada.
Semoga kerja sama yang terjalin antara pihak IAIN Kudus dan Pesantren Riset Al-Muhtada membawa keberkahan, kebaikan, dan kebermanfaatan serta berkelanjutan akan silahturahmi yang terjalin. Aamiin.

Baca Juga:  Pengumuman Peserta "Short Course Metodologi Penelitian untuk Santri"

Reporter : Maulana Junaedi

Editor      : Azkia Shofani Aulia

Related Posts

Latest Post