Benarkah Baju yang Digantung Jadi Sarang Jin?

Ilustrasi Gambar Baju Baju yang Digantung (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Terkadang kita sering menggantung baju yang baru sekali kita pakai untuk bisa dipakai di lain waktu kemudian. Selain itu, musim juga bisa menjadi alasan orang sering menggantung baju. Apalagi jika musim hujan. Bisa saja satu pakaian dipakai untuk beberapa hari.

Selain itu, menggantung pakaian kotor juga dilakukan kaena tidak semua orang menyediakan wadah atau keranjang untuk menampung pakaian kotor mereka.

Ternyata kebiasaan menggantung pakaian kotor bisa menimbulkan dampak yang buruk. Inilah beberapa alasan kita tidak boleh menggantung pakaian kotor.

  1. Mendatangkan bau yang tidak sedap

Bau tidak sedap serinng kali muncul dari pakaian kotor. Ini karena pakaian yang digantung sudah terkena keringat, udara luar, dan bakteri sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

  1. Menjadi sarang nyamuk

Pakaian yang digantung bisa menjadi sarang nyamuk apalagi jika pakaian itu basah dan lembab. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena nyamuk suka tempat yang lembab. Nyamuk akan berkembangbiak di baju dan bisa menyebabkan penyakit jika sudah menggigit manusia.

  1. Menurunkan system kekebalan tubuh

Saat menggantung pakaian yang masih basah dan lembab, maka kemungkinan jamur atau bakteri berkembang biak akan semakin besar. Jika pakaian dipakai ke tubuh, maka bisa menimbulkan infeksi.

  1. Menjadi sarang jin/setan

Menggantung baju merupakan salah satu tipu daya jin dan setan. Mereka menghasut manusia supaya menyimpan dan mengumpulkan baju kotor terutama di kamar mandi. Lalu setan akan menjadikan pakaian kotor yang tergantung atau tertumpuk menjadi sarang mereka.

Baca Juga:  Perlu Tamparan Keras?

Itu karena setan suka tempat yang kotor. Namun mengenai pakaian yang digantung menjadi sarang jin masih menjadi perdebatan. Karena sejatinya jin itu mengganggu manusia bukanlah pakaiannya.

  1. Mendatangkan sihir

Selain alasan di atas, kita juga dilarang untuk menjemur pakaian di luar rumah Ketika langit mulai gelap atau memasuki waktu malam.

Karena nantinya pakaian yang kita jemur bisa jadi akan disalahgunakan orang lain untuk berbuat keburukan seperti sihir, pellet, dan sebagainya. Kegiatan seperti sihir dan pellet bisa terjadi dengan sesuatu bekas korban salah satunya adalah pakaiannya.

Juga terdapat himbauan untuk tidak menggantung baju di kamar mandi. Kamar mandi merupakan tempat untuk membuang hajat, sehingga kuranglah sopan jika menggantung baju apalagi dalam watu yang lama.

Diriwayatkan dalam sebuah hadis;

“Sesungguhnya “husyus atau tempat buang air besar” itu “dihadiri”, maka apabila seorang dar kalian mendatangi WC/kamar mandi/kolah, hendaklah ia mengucapkan: ‘Aku berlindung kepada Allah dari setan Jantan dan setan betina’.” (HR. Abu Dawud)

Hukum menggantung pakaian di kamar mandi yaitu dianjurkan untuk tidak dilakukan,

“Hukumnya mustahab (disunnahkan) untuk menjauhi tempat tinggal setan. Inilah yang Nampak lebih mendekati kebenaran dari dua alasan tentang larangan salat di kamar mandi.” (Syarah Nawawi Ala Muslim)

Cara yang benar untuk menyimpan pakaian yang baru sekali dipakai supaya bisa dipakai Kembali yaitu bisa dengan menggantungnya lalu ditaruh di dalam lemari bukan di luar ruangan. Selain itu juga bisa melipatnya Kembali dan mengibaskannya ketika hendak dipakai. [] Alya Rosdiana

Baca Juga:  Yang Terdalam

Editor : Moh. Aminudin

Related Posts

Latest Post