Golongan yang Haram Tersentuh Api Neraka?! Ini Penjelasannya

Golongan yang Haram Masuk Neraka
Gambar Ilustrasi Golongan yang Haram Masuk Neraka (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dan Ibnu Hibban menyebutkan tentang ciri-ciri orang yang haram bahkan tidak akan tersentuh api neraka.

Neraka adalah seburuk-buruknya tempat kembali dan tempat untuk menetap. Panas api neraka yaitu 70kali lebih panas dari api dunia. Neraka merupakan tempat untuk menyiksa orang yang menyekutukan Allah dan melakukan perbuatan buruk lainnya. Mereka disiksa dengan berbagai macam cara dengan sangat luar biasa.

Karenanya, manusia berlomba-lomba untuk memperbaiki amal ibadah mereka supaya bisa terhindar dari dahsyatnya siksa api neraka. Bahkan Rasulullah mengatakan ada golongan manusia yang haram atau tidak akan tersentuh api neraka. Rasulullah bersabda:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ:  قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِمَنْ تَحْرُمُ عَلَيْهِ النَّارُ؟, قَالُوا: بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ, قَالَ:” كُلُّ هَيِّنٍ لَيِّنٍ قَرِيبٍ سَهْلٍ“

Artinya: Dari Abdillah bin Mas’ud r.a. ia berkata: telah bersabda Rasulullah saw.: “Maukah kamu aku tunjukkan orang yang diharamkan neraka baginya?” Para sahabat menjawab: “tentu saja wahai Rasulallah!” Beliau shallallahu alaihi wasallam menjawab: “(Haram tersentuh api neraka orang yang) Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl.” (HR. At-Tirmidzi)

Berdasarkan hadits tersebut, telah disebutkan bahwa ciri-ciri orang yang haram tersentuh api neraka ada empat yaitu, hayyin, layyin, qorib, dan sahl. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Hayyin
Baca Juga:  Adab dalam Bertelepon yang Bernilai Pahala

Yaitu orang yang memiliki ketenangan dan keteguhan lahir dan batin. Orang ini tidak mudah memaki, melaknat, serta tenang jiwanya. Orang yang memiliki sifat ini bisa mengontrol pikiran, perasaan, menjaga hati dan juga sikapnya.

Orang yang memiliki sifat ini termasuk orang yang menenangkan dan tidak temperamental. Kata kunci dari sifat ini yaitu teletak pada hatinya. Hati yang senantiasa mengingat Allah maka akan membuat pemiliknya merasa tenang dan tenteram.

  1. Layyin

Yaitu orang yang lembut dan santun, baik dalam bertutur kata dan bersikap, tidak kasar dan selalu menginginkan sesama manusia. Orang ini merupakan orang yang penuh kasih sayang sehingga membuatnya lemah lembut. Orang yang memiliki sifat ini selalu akan menata segalanya dengan baik dan selalu menginginkan kebaikan.

  1. Qorib

Yaitu orang yang mudah akrab, ramah diajak berbicara, dan mudah tersenyum jika bertemu dengan orang lain. Bahasa gaulnya adalah easygoing, yaitu orang yang mudah berbaur dengan orang lain dan kehadirannya bisa membuat keadaan menjadi lebih harmonis, hangat, dan nyaman.

Sifat ini muncul dari perilaku tawadhu atau rendah hati. Sedangkan kebalikannya adalah orang yang tinggi hati, ujub, dan merasa lebih segalanya dari orang lain dapat membuat orang lain tidak nyaman dengannya dan malah bisa menimbulkan perpecahan atau permusuhan.

  1. Sahl

Yaitu orang yang tidak mempersulit sesuatu, selalu berusaha untuk mempermudah urusan orang lain. Orang ini selalu beranggapan bahwa sesuatu itu mudah, tidak ribet atau tidak sulit bahkan menyengsengsarakan.

Baca Juga:  Inilah 4 Golongan Manusia Menurut Hadits Rosulullah SAW

Namun bukan berarti orang yang memiiliki sifat sahl itu suka menganggap remeh masalah penting. Mereka malah selalu melalui atau menyelesaikan masalah dengan memikirkan dan memberikan solusi yang baik dan tepat.

Nah, itulah empat ciri orang yang tidak akan masuk ke dalam neraka bahkan haram masuk ke dalamnnya. Sebagai umat muslim akhir zaman, hendaknya kita bisa menggolongkan diri dalam satu dari empat ciri tersebut sehingga kita diharamkan masuk ke neraka. [] Alya Rosadiana

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post