Muslim Wajib Tahu! Ini Dia 3 Investasi Terbaik dalam Islam

Investasi untuk Akhirat
Gambar Ilustrasi Investasi untuk Akhirat (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Saat ini banyak orang berlomba – lomba untuk investasi dalam bentuk apapun. Mulai dari investasi saham, rumah, emas, tanah, dan masih banyak lagi. Investasi merupakan hal yang diperbolehkan dalam Islam, selama kegiatan investasi tersebut tidak melanggar syariat Islam.

Investasi bukan hanya dalam lingkup harta benda atau materi, namun batin atau jiwa kita juga perlu di investasikan mengingat bahwa kita akan dibangkitkan setelah kematian.

Dalam Islam terdapat investasi ruhaniyah/batin/jiwa yang tidak banyak orang ketahui dan melakukannya, namun justru investasi tersebut merupakan investasi terbaik dalam Islam hingga dapat membantu di akhirat kelak. Berikut ini adalah 3 investasi terbaik dalam islam.

  1. Shadaqoh Jariyah

Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Apabila anak adam (manusia) telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah (sedekah yang pahalanya terus mengalir), ilmu yang bermanfaat, atau anak shaleh yang selalu mendo’akannya.” (HR. Muslim No. 1631).

  1. Sholat Tahajuud

Terdapat banyak keutamaan bagi siapa saja yang melakukan sholat Tahajud dengan rutin. Sholat tahajud dapat menjadi penerang di alam kubur, Allah mudahkan segala urusannya, Allah tempatkan pada tempat yang mulia, dan masih banyak lagi keistimewaan lainnya yang Allah janjikan kepada hambanya yang melaksanakan sholat Tahajud.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Isra ayat 79, yang artinya : “Pada sebagain malam lakukanlah salat tahajud sebagai (auatu ibadah)tambahan bagimu, mudah – mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

  1. Sholat Dhuha
Baca Juga:  Macam – Macam Keanekaragaman Bunga dalam Islam Berserta Maknanya

Sama seperti halnya sholat Tahajud, Sholat Dhuha juga tidak kalah istimewanya. Terdapat beberapa keistimewaan bagi siapa saja yang melaksanakan sholat dhuha. Barangsiapa yang melaksanakan sholat dhuha maka Allah akan menjamin kecukupan dalam hidupnya, Allah mudahkan segala urusannya, Allah bukakan baginya pintu rezeki, dan masih banyak lagi.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari,harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan semua itu dapat disepadankan dengan mengerjakan shoatdhuha dua rakat.” (HR. Muslim) [] Hasan Nasbi

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post