Agar Walimatul Ursy Menjadi Berkah

Walimatul Ursy Menjadi Berkah
Gambar Ilustrasi Walimatul Ursy Menjadi Berkah (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Walimatul Ursy atau pesta pernikahan dalam Islam adalah acara yang bertujuan untuk merayakan pernikahan. Walimatul Ursy biasanya diadakan dengan mengundang keluarga, teman, bahkan kerabat untuk merayakan dan berbagi kebahagiaan bersama.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyelenggaraan Walimatul Ursy agar sesuai dengan syariat Islam.

Pertama, untuk tamu undangan dipisah antara pria dan wanita. Pemisahan(infishal) tamu pria dan wanita dalam walimah hukumnya wajib dalam syariat Islam. Dengan kata lain, dalam walimah hukumnya haram jika terjadi ikhtilat(campur baur pria dan wanita). Yakni adanya pertemuan(ijtima’) dan interaksi dalam pria dan wanita di satu tempat.

Kedua, larangan berjoget dan bermusik yang mengandung syair kemaksiatan dalam Walimatul Ursy. Karena jika hal tersebut terjadi dapat merusak akhlak dan menimbulkan hawa nafsu.

Ketiga, Walimatul Ursy tidak boleh dicampurkan dengan adat yang merusak aqidah. Hal ini karena adat yang merusak aqidah membuat Walimatul Ursy tidak Islami.

Berikut adalah beberapa contoh adat yang merusak aqidah yang tidak boleh dicampur baurkan dengan Walimatul Ursy:

  • Meminta maskawin yang berbentuk benda haram, seperti babi atau minuman keras
  • Mengadakan Walimatul Ursy yang mewah dan berlebihan
  • Melakukan ritual-ritual yang tidak ada dalam Islam, seperti memandikan pengantin dengan air kembang, membaca mantra, atau melakukan tarian yang tidak Islami.

Walimatul Ursy adalah acara yang paling sakral dan penuh makna. Oleh karena itu, penting untuk menjaga agar acara ini sesuai dengan syariat Islam. Dengan demikian, Walimatul Ursy dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mempererat tali silaturahmi antar sesama muslim.

Baca Juga:  Memahami Arti Al-Quran Untuk Memudahkan Penghafalannya, Pesantren Al-Muhtada Berkunjung dan Belajar di Planet Nufo

Berikut beberapa tips untuk mengdakan Walimatul Ursy yang sesuai dengan syariat Islam:

  • Undanglah keluarga, teman, dan kerabat terdekat
  • Hidangkan makanan yang halal dan sehat
  • Adakan acara yang sederhana dan tidak berlebihan
  • Gunakan kesempatan ini untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama muslim.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, harapannya dapat mengadakan Walimatul Ursy yang sesuai dengan syariat agama Islam dan penuh makna.

NIKAH MEMBUKA PINTU REZEKI

“Ada tiga orang yang akan mendapatkan pertolongan Allah: (1)Orang yang berjihad di jalan Allah, (2)Orang yang menikah demi menjaga kesucian dirinya, (3)Budak mukatab yang ingin membebaskan dirinya.”

– HR. An-Nasa’i, no 3218; Tirmidzi, no. 1655 [] Nurul Hikmah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post