Satu Kesalahan Menghapus Seribu Kebaikan?

1000 Kebaikan Kalah Dengan 1 Keburukan (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – “Manusia akan melupakan 1000 kebaikan yang pernah kita lakukan hanya karena satu kesalahan. Tapi Allah Ta’ala akan mengampuni 1000 kesalahan dengan satu kebaikan yang kita lakukan.”

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita melihat dan merasakan bahwa sebanyak apapun kebaikan yang diperbuat akan tertutup oleh satu kesalahan yang dilakukan. Begitu mudahnya seseorang menghakimi orang lain yang melakukan kesalahan. Tidak ingin tahu apakah itu disengaja atau tidak, tetapi seolah kesalahan tersebut sangat fatal sehingga menutup semua kebaikan yang telah dilakukan.

Banyak kejadian jika seseorang melakukan sebuah kesalahan bukannya dinasihati atau dimaklumi justru akan diserang dengan kata-kata, bahkan dibumbui atau ditambah dengan berbagai hal yang bisa jadi fitnah. Padahal sebagai manusia pasti akan melakukan kesalahan yang mana manusia merupakan makhluk yang tidak sempurna.

Ketika orang-orang menilai buruk karena satu kesalahanmu janganlah merasa sedih. Memang terasa tidak adil, tetapi sesungguhnya dirimu masih terlihat baik karena kebaikan yang sudah banyak kamu lakukan. Janganlah kamu menganggap jika sudah melakukan kesalahan tidak akan ada yang melihatmu baik, karena kamu masih memiliki Allah yang pasti akan memaafkan kesalahanmu.

Sebagai seorang muslim tentunya kita tidak boleh menghakimi orang lain ketika mereka berbuat kesalahan. Melakukan kesalahan merupakan hal yang wajar dilakukan oleh manusia, apalagi sebelumnya orang yang berbuat kesalahan itu dalam hidupnya banyak melakukan kebaikan. Sungguh tidak benar jika kita tidak memaafkannya.

Baca Juga:  Berbuat Kebaikanlah kepada Orang Lain yang Sedang Membutuhkan

Allah SWT saja bisa memaafkan seribu kesalahan hamba-Nya. Allah berjanji akan menghapus dosa setiap hamba-Nya ketika mereka bertaubat. Seperti dalam firman Allah,

ذٰلِكَ اَمْرُ اللّٰهِ اَنْزَلَهٗٓ اِلَيْكُمْۗ وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّاٰتِهٖ وَيُعْظِمْ لَهٗٓ اَجْرًا

“Itulah perintah Allah yang diturunkan-Nya kepada kamu; barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipatgandakan pahala baginya.” (Surah At-Talaq: 5)

Berdasarkan ayat di atas, dapat disimpulkan bahwa sebanyak apapun kesalahan yang sudah diperbuat, Allah akan menghapusnya jika hamba-Nya bertakwa.

Dengan demikian, jika Allah SWT saja mengampuni setiap kesalahan hamba-Nya asalkan mereka bertakwa, lalu apa hak kita untuk tidak memaafkan kesalahan-kesalahan saudara kita. Kesimpulannya adalah bukan satu kesalahan menutup seribu kebaikan, tetapi satu kebaikan akan menghapus seribu kesalahan asalkan kita bertakwa kepada Allah SWT dan selalu bertaubat atas kesalahan yang sudah diperbuat. Wallahu alam. [] Assyahla Hafidzah Qur’an

Editor : Moh. Aminudin

Related Posts

Latest Post