Memahami Arti Al-Quran Untuk Memudahkan Penghafalannya, Pesantren Al-Muhtada Berkunjung dan Belajar di Planet Nufo

ALMUHTADA.ORG- Senin, 20 Juni 2022 37 mahasantri Pesantren Al-Muhtada melakukan perjalanan menuju Planet NUFO Rembang menggunakan bis. Pesantren dan Sekolah Alam Nurul Furqon Rembang atau yang lebih dikenal dengan sebutan Planet NUFO Rembang merupakan suatu lembaga pendidikan yang tidak hanya berfokus pada ilmu dunia, melainkan juga ilmu agama (akhirat) yang dihidupkan secara bersamaan. “Cerdas, Kaya, Berkuasa” merupakan mottonya. Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada tiba di sana pada pukul 18:00 WIB lalu berbenah, makan malam, salat berjamaah, dan dilanjut dengan acara pembukaan oleh santri Planet NUFO, yang menampilkan sambutan 4 bahasa, 2 band, dan sambutan oleh Pendiri Planet NUFO.

Esoknya pada Selasa, 21 Juni 2022 kegiatan dimulai dengan salat subuh berjamaah dengan kajian subuh yang disampaikan oleh Dr. Mohammad Nasih atau dikenal dengan panggilan Abah Nasih yang merupakan salah satu pendiri Planet NUFO. “Sebaik-baiknya bekal adalah takwa, dan bertakwa membutuhkan harta. Dimana logika tanpa logistik adalah sesuatu yang kurang” merupakan salah satu wejangan pagi yang disampaikan oleh Abah Nasih kepada para mahasantri Pesantren Al-Muhtada. Setelah mendengarkan kajian subuh, mahasantri bersiap untuk sarapan dan melakukan kegiatan inti, yaitu I’rabul Quran.  I’rabul Quran adalah suatu ilmu yang mempelajari kedudukan setiap kata dalam susunan kalimat (ta’bir) guna memahami arti dan makna suatu ayat yang terkandung dalam Al-Qur’an. “Menghafal tanpa memahami artinya akan lebih sulit 7x lipat dibandingkan telah memahami artinya” ucap Abah Nasih yang sudah berdasarkan riset. Maka dari itu, pembelajaran ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah seseorang dalam menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Baca Juga:  Gema Aditya Mahendra Raih Best Presenter Konferensi Internasional

I’rabul Quran dimulai pada pukul 07:00 WIB dan berakhir pada pukul 23:00 WIB yang diselingi dengan ishoma. Metode pembelajaran yang diterapkan yaitu dengan membagi mahasantri menjadi beberapa kelompok yang memiliki tingkatan masing-masing dan dibimbing oleh beberapa mentor, di mana semua mahasantri  memulai pembelajaran dengan memahami dasarnya, lalu akan berpindah ke kelompok lain yang tingkatannya lebih tinggi apabila sudah faham dan fasih. Pembelajaran terus berlanjut dengan masing-masing mentor dan masing-masing kelompok mahasantri yang memiliki tingkatan masing-masing pula. Pembagian kelompok yang masing-masing berisi sekitar 5 orang mahasantri yang artinya tidak terlalu banyak maupun tidak terlalu sedikit orang membantu berlangsungnya pembelajaran lebih baik dan masih terasa intens. Pukul 23:00 WIB, waktu pembelajaran telah usai dan  mahasantri Pesantren Al-Muhtada kembali ke kamar masing-masing untuk beristirahat.

Rabu, 23 Juni 2022 merupakan hari terakhir mahasantri Pesantren Al-Muhtada berkunjung ke Planet NUFO yang ditutup dengan acara penutupan oleh santri Planet NUFO Rembang yang juga dibuka dengan 4 bahasa, beberapa lagu oleh band santri Planet NUFO, sambutan oleh presiden Pesantren Al-Muhtada dan Abah Nasih, penyerahan kenang-kenangan, serta diakhiri dengan sesi foto bersama.

Berbagai kenangan dan ilmu yang diberikan sangat bermanfaat, bermakna, dan luar biasa. Terlebih bimbingan dan pengajaran yang diberikan oleh para mentor sangat mudah untuk dipahami, sehingga sangat membantu mahasantri dalam memahami setiap kata dalam ayat Al-Qur’an. Tidak ada kata yang pantas untuk diucapkan selain rasa syukur dan terima kasih kepada para mentor Planet NUFO Rembang dan Abah Nasih yang telah mengizinkan mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada berkunjung dan mendapatkan ilmu bermanfaat. Begitupun kepada para santri, baik santri kecil, santri remaja, maupun santri dewasa yang telah menyambut mahasantri Pesantren Al-Muhtada dengan sangat baik. Ucapan terima kasih terutama kepada Abah Nasih selaku pendiri Planet NUFO, yang mana telah memberikan kesempatan kepada mahasantri Pesantren Al-Muhtada untuk dapat belajar dan memahami makna Al-Qur’an. Pembelajaran ini tidak hanya berhenti sampai di sini, melainkan akan diteruskan dalam pembelajaran sehari-hari di Pesantren Al-Muhtada sendiri. Diharapkan metode yang telah dipelajari di Planet NUFO Rembang akan mempermudah mahasantri dalam mendalami makna Al-Qur’an, dan semoga pembelajaran secara kolaborasi antara Pesantren Al-Muhtada dengan Planet NUFO dapat berkelanjutan.

Baca Juga:  Apa Bedanya Perang Ghazwah dan Sariyah? Simak Penjelasannya!

Reporter : Deva Sindi Maulita

Editor     : Azkia Shofani Aulia

Related Posts

Latest Post