Hati Kamu Lelah dan Ingin Menyerah? Coba Baca Ayat Al-Qur’an Berikut!

perasaan lelah dan ingin menyerah
Gambar ilustrasi perasaan lelah dan ingin menyerah (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Salah satu janji Allah adalah bahwa Dia tidak akan memberikan ujian kepada seorang hamba melampaui batas kemampuan mereka.

Namun terkadang karena terlalu lelah dan hanya berfokus pada ujian, kita lupa akan berperasangka baik kepada Allah. Kehidupan memang terkadang sangat memuakkan, namun satu hal yang pasti adalah semua itu akan berlalu.

Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah selalu bersama kita dan tidak pernah sekalipun meninggalkan kita. Bukti bahwa Allah sangat menyayangi kita telah tertuang dalam firman-firmannya.

Semoga bisa menguatkan hatimu yang tengah menganggap bahwa dunia terlalu keras padamu dan selalu membuat dirimu ingin menyerah.

  1. Al-Ankabut ayat 2-3

“Adakah manusia itu menyangka bahwa mereka dibiarkan saja setelah mengatakan ‘kami telah beriman’, sedangkan mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya kami (Allah) telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetqahui orang-orang yang berdusta.”

Setiap hamba pasti akan diuji oleh Allah. Ujian dan Cobaan hadir bukan berarti Allah sedang berpaling, mungkin saja karjna Allah sangat merindukan sujud kita yang lama, tangisan kita ketika berdoa, dan khusuknya salat kita.

  1. At-Taubah ayat 129

Maka jangan berpaling (dari keimanan), dan katakanlah “Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain dari-Nya. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung”.

Dalam firman tersebut Allah mengingatkan kepada kita, bahwa tidak ada yang kita butuhkan selain Allah dalam kehidupan ini.

Baca Juga:  Yuk Terapkan! Inilah 4 Sikap Bijak Generasi Muda Islam dalam Bermedia Sosial Sesuai Syariat Islam

Dunia dan alam semesta adalah milik-Nya, segala kesulitan dan kemudahan datangnya dari Nya, maka bersama dengan Allah saja sudah cukup.

  1. Al Baqarah ayat 45

“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”

Hakikat dari datangnya sebuah ujian dan cobaan bukanlah untuk diselesaikan. Akan tetapi itulah cara Allah untuk mengungkapkan kerinduan kepada kita. Sehingga untuk mendapatkan pertolongan Allah, kita hanya perlu bersabar dan salat, dan sungguh mengingat Allah adalah solusinya.

  1. Ali Imran ayat 139

“Janganlah kamu bersikap lemah dan jangnlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya jika kamu orang-orang yang beriiman.”

Allah selalu mengingatkan kita untuk tidak terus-terusan bersedih hati, cukupalah dengan kita kembali kepada Allah dan menyadari bahwa diri ini kecil tanpa-Nya itulah yang akan menyelesaikan pemua permasalahn-permasalah kita.

  1. Al-Baqarqah ayat 216

“Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menykai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.”

Mungkin kadang kita dihadangkan pada kenyataan yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Tapi percayalah Allah sellau memberikan yang terbaik untuki kita, Allah jauh lebih tahu mana yang baik dan mana yang baik utntuk kita.

Baca Juga:  Penyebab Ngantuk Setelah Menangis Menurut Al-Qur’an

Tugas kita sebagai seorang hamba ialah selalu mengambil hikmah dari apa yang kita lalaui dan terus berperasangka baik kepada Allah SWT.

Selama kita hidup, kita tidak akan pernah terlepas dari yang namnya ujian dan cobaan. Kedua hal itulah yang akan terus menemani kita dalam menjalani kehidupan ini.

Namun perlu diingat bahwa ujian dan cobaan bukalah suatu perkara dimana Allah tengah berpaling kepada kita, maleainkan sebaliknya. [] Dela Kurniawati 

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post