Kalian Harus Tahu! Ini Dia 4 Sifat Buruk Manusia Menurut Al Quran, Apa Saja Itu?

sifat buruk manusia
Gambar ilustrasi sifat buruk manusia (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Manusia adalah salah satu makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah SWT dimana mereka dikarunia berbagai hal yang lebih baik daripada makhluk Allah SWT yang lain.

Bagaimana tidak manusia diciptakan oleh Allah dalam bentuk yang sebaik – baiknya diantara para makhluk yang lain. Selain itu kita memiliki 2 hal yang belum tentu dimiliki oleh mereka.

Yaitu akal dan nafsu yang ada hanya pada manusia membuat kita dapat mengetahui hal – hal yang ada di alam semesta dimana kita tinggal ini.

Banyak sekali hal yang membuat manusia istimewa sebagaimana yang dijelaskan oleh Allah SWT dalam sebuah ayat yang berbunyi :

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا

Artinya: “Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.”” (QS Al Isra ayat 70).

Dari ayat diatas dapat kita ketahui bahwa kita memiliki banyak sekali kelebihan daripada makhluk yang lainnya. Namun tahukah kalian kalau ternyata kita manusia juga memiliki sifat buruk dalam diri kita.

Yang mana sifat bawaan tersebut adalah hal yang tidak bisa kita ubah sepenuhnya dalam diri kita. Apa saja sifat – sifat buruk tersebut? Berikut selengkapnya :

  1. Kikir dan Sering Mengeluh
Baca Juga:  Tahukah Kalian Manfaat dan Makna Air Sesungguhnya? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Manusia terkadang menjadi kikir ketika mereka memiliki harta yang banyak, tapi apa kikir itu? Kikir adalah sifat dimana seseorang tidak mau untuk menggunakan harta merek sedikitpun untuk kebaikan pada dirinya sendiri dan orang lain. Biasanya orang kikir akan sangat perhitungan jika berkaitan dengan harta yang mereka miliki.

Selain itu manusia juga kerap berkeluh kesah atas cobaan atau musibah yang mereka dapatkan. Kita boleh berkeluh kesah sesekali tapi jangan sampai keluh kesah iyu menjadi berlebihan dan berujung pada hal – hal yang tidak disukai oleh Allah SWT.

Hal ini sesuai dengan QS. Al-Ma’arij: 19 yang artinya adalah : “Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.”.

  1. Lemah

Manusia memang sempurna tapi mereka mempunyai kelemahan yang dibagi menjadi 2, yaitu lemah secara fisik dan lemah secara batin.

Lemah secara fisik ini berarti manusia pada awalnya diciptakan lemah oleh Allah SWT. Dan Allah SWT yang memberikan mereka kekuatan pada fisik mereka sehingga mereka mampu untuk menjalankan kegiatan mereka didunia.

Sementara lemah secara batin ini dimaksudkan dalam lemahnya manusia dalam menghadapi hawa nafsu yang buruk. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa manusia memiliki akal dan hawa nafsu dalam diri mereka.

Dan hawa nafsu dalam diri manusia bisa membawa manusia pada hal yang buruk jika mereka tidak kuat untuk menghadapinya. Hal ini tertera dalam QS. An-Nisaa’: 28 yang artinya : “Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, dan manusia dijadikan bersifat lemah.”.

  1. Zalim dan Bodoh
Baca Juga:  Mu’tazilah, Kenali Salah Satu Aliran Tertua dalam Islam!

Sifat buruk manusia ada zalim yang mana itu adalah sifat manusia yang terkadang menempatkan suatu hal yang tidak sesuai dengan tempat hal itu seharusnya.

Kezaliman yang dilakukan oleh manusia akan membawa kerusakan pada kehidupan mereka sendiri ataupun orang lain. Dan kezaliman itu juga akan menjerumuskan manusia pada hal – hal tidak seharusnya terjadi.

Lalu ada juga sifat bodoh manusia yang ada sejak mereka lahir sehingga Allah SWT memberikan pengetahuan pada mereka melalui akal. Namun jika manusia tidak menggunakan ilmu dan pengetahuan yang mereka miliki dengan akal mereka secara baik.

Hasilnya adalah berupa kebodohan manusia yang berujung pada hal yang buruk hingga kerusakan pada diri sendiri dan orang lain. Sebagaimana yang tertulis dalam QS. Al – Ahzab : 72 yang artinya : “… sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.”.

  1. Tidak adil

Terakhir manusia memiliki sifat tidak adil baik itu dalam keputusannya pada orang lain dan terkadang pada diri mereka sendiri. Hal itu bisa dimaklumi karena setiap manusia yang Allah SWT ciptakan itu berbeda – beda sat sama lain. Namun ketidakadilan diantara manusia itu dapat berujung pada hal yang buruk bagi kelangsungan hidup mereka.

Hal ini sesuai dengan QS. Hud ayat 85 yang artinya : Wahai kaumku, penuhilah takaran dan timbangan dengan adil! Janganlah kamu merugikan manusia akan hak-hak mereka dan janganlah kamu membuat kejahatan di bumi dengan menjadi perusak!”.

Demikian 4 sifat buruk yang dimiliki oleh manusia menurut Al Quran, sifat – sifat tersebut memang tidak bisa dihilangkan sepenuhnya dalam diri kita.

Baca Juga:  Keistimewaan yang dimiliki oleh Daun Pisang (Musa Paradisiaca) dalam Islam

Tapi jika kita terus mendekatkan diri kita pada Allah SWT dan terus bertobat atas kesalahan yang kita perbuat. Maka kita akan memiliki kemungkinan untuk mengurangi sifat tersebut dalam diri kita. [] Idha Fitri Nuril Layliyah

Related Posts

Latest Post