Hindari 7 Perkara Ini Jika Ingin Hidup Bahagia Dunia dan Akhirat

Hal yang Patut Dihindari Agar Hidup Bahagia
Gambar Ilustrasi Hal yang Patut Dihindari Agar Hidup Bahagia (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Ali bin Abi Thalib merupakan sahabat sekaligus menantu Rasulullah SAW. Ali bin Abi Thalib memiliki pengetahuan yang sangat luas.

Sampai – sampai Rasulullah SAW menjulukinya sebagai pintu ilmu pengetahuan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, yang artinya : “Aku adalah kota ilmi sedangkan Ali adalah pintunya.”

Luasnya pengetahuan yang dimiliki Ali membuatnya menjadi orang yang sangat bijak.

Banyak sahabat dan umat muslim mendatanginya hanya untuk meminta nasehat kepadanya.

Sehingga semasa hidupnya banyak nasehat – nasehat yang telah ia berikan. Salah satu nasehat yang masyhur adalah tentang 7 perkara yang harus dijauhi umat muslim, yang apabila ia melaksanakannya maka tubuhnya akan terasa nyaman, hatinya akan tenang, hidupnya akan bahagia, kehormatan dan agamanya akan terjaga.

Berikut ini adalah 7 perkara dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib yang harus dijauhi umat muslim sebagai kunci kebahagiaan dunia dan akhirat.

  1. Jangan Meratapi Masa Lalu

Masa lalu bukan untuk diratapi namun untuk direnungkan. Jangan habiskan waktu yang engkau punya hari ini hanya untuk meratapi masa lalu.

Gunakan waktu yang engkau punya hari ini untuk beramal guna kehidupan di kemudian hari.

  1. Jangan Memikirkan Sesuatu yang Belum Terjadi

Memikirkan sesuatu yang belum terjadi hanya membuat dirimu lelah, frustasi, dan cemas tak berujung.

Oleh karena itu, maksimalkan saja waktu yang kita punya saat ini untuk berusaha sebaik mungkin. Kemudian serahkan segala urusan terkait masa depan kepada Allah SWT. Yakinlah bahwa Allah tidak pernah tidur dan selalu melihat usaha hamba-Nya.

  1. Jangan Menghina Orang Lain
Baca Juga:  Bersihkan Titik Hitam dalam Hatimu, Lakukan Tiga Prinsip ini!

Menghina atau mencela merupakan perbuatan tercela. Orang yang menghina atau mencela selalu merasa dirinya paling sempurna dibandingkan orang lain.

Padahal belum tentu ia lebih baik dibandingkan orang yang di cela, dan orang yang dicela belum tentu lebih buruk dibandingkan orang yang mencela.

  1. Jangan Meminta Balasan

Lakukanlah kebaikan tanpa mengharap imbalan atau balasan (ikhlas).

Dari Umar bin Khatab RA, ia berkata; Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Amal itu tergantung dengan niatnya, dan bagi setiap iorang balasannya sesuai denga napa yang diniatkannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Jangan Tamak

Tamak atau rakus merupakan perbuatan tercela yang merupakan ciri – ciri orang cinta kepada dunia secara berlebihan.

Allah SWT melaknat orang – orang yang memiliki sifat tamak, hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah Al – Fajr : 20 (Dan kamu mencintai harta dengan kecintaan yang berlebihan) dan surah Al – ‘Adiyat : 8 (Dan sesungguhnya cintanya kepada harta benar – benar berlebihan).

  1. Jangan Membuat Marah Orang yang Tampak Tenang

Karena jika hal ini terjadi sama saja kamu sedang membangunkan singa dari tidurnya.

Jangan pernah mengira jika orang yang tenang tidak bisa berbuat apa – apa, bisa jadi ia menjadi orang yang paling engkau takuti ketika sudah marah.

  1. Jangan Memuji Orang yang Tidak Sadar Diri
Baca Juga:  Pemaaf! Salah Satu Sifat yang Memberatkan Timbangan di Akhirat Kelak

Hal ini karena, orang yang tidak sadar diri jika terus – terusan mendapat pujian akan semakin menjadi – jadi dan dia tidak akan pernah tahu cara untuk memperbaiki dirinya sendiri. [] Aulia Cassanova

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post