Rahasia di Balik Murah Senyumnya Seseorang

Murah Senyum
Manfaat murah senyum bagi seorang muslim (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Senyum adalah ekspresi wajah yang umumnya dikaitkan dengan kebahagiaan, kegembiraan, atau kepuasan. Ini terjadi ketika seseorang mengangkat bibirnya ke atas, seringkali bersamaan dengan mata yang berkeriput dan mungkin gigi yang terlihat.

Senyum adalah cara alami bagi manusia untuk mengekspresikan perasaan positif, dan itu bisa memiliki dampak positif pada hubungan sosial dan kesejahteraan emosional seseorang. Senyum juga bisa digunakan sebagai cara untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa menggunakan kata-kata.

Dalam ajaran Islam, senyum dianggap sebagai tindakan yang sangat baik dan dianjurkan. Seseorang yang terlihat murah senyum bahwasanya mereka sedang mengamalkan apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Ada beragam manfaat yang akan didapatkan seseorang jika mereka murah senyum dan pastinya akan membawa dampak positif bagi mereka yang melihatnya. Berikut ini dijelaskan mengapa seseorang itu selalu murah senyum.

  1. Senyum Menunjukan Sifat Ikhlas (Tulus)

Senyum tulus dianggap sebagai salah satu tanda sifat ikhlas atau ketulusan hati. Ketika seseorang senyum dengan tulus, itu menunjukkan bahwa hatinya bersih dan tidak memiliki niat jahat.

  1. Senyum Menandakan Kebaikan Hati

Dalam sebuah hadits riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

لَا تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا، وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

Artinya: “Janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun hanya dengan bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang berseri”. (HR. Muslim)

Baca Juga:  Zulkarnain Agung Sang Raja Dengan Keimanan dan Kekuasaannya

Disebutkan bahwa senyum dianggap sebagai tanda kebaikan hati dalam Islam. Rasulullah Muhammad SAW dikenal sebagai orang yang sering tersenyum, dan dia mendorong umatnya untuk berbuat baik dan menyambut orang lain dengan senyuman.

  1. Senyum dapat Memperbaiki Hubungan Sosial

Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda:

إنَّكُمْ لَا تَسَعُونَ النَّاسَ بِأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ لِيَسَعْهُمْ مِنْكُمْ بَسْطُ الْوَجْهِ وَحُسْنُ الْخُلُقِ

Artinya: “Sesungguhnya kalian tidak bisa menarik hati manusia dengan harta kalian. Akan tetapi kalian bisa menarik hati mereka dengan wajah berseri dan akhlak yang mulia” (HR. Al Hakim)

Dalam Islam, ditekankan bahwa menjaga hubungan yang baik dengan sesama muslim dan orang lain adalah penting. Senyum dapat membantu menciptakan atmosfer yang ramah dan harmonis dalam interaksi sosial.

  1. Senyum Artinya Memberikan Sedekah (Amal Kebaikan)

تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Artinya: “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.” (HR Tirmidzi)

Disebutkan bahwa senyum kepada saudara Muslim adalah salah satu bentuk sedekah (amal kebaikan). Artinya, dengan senyum, seseorang dapat mendapatkan pahala dan berbagi kebaikan.

  1. Senyum dapat Menghindari Kemarahan

Rasulullah Muhammad SAW juga mengajarkan bahwa senyum dapat menghindarkan kemarahan. Dalam situasi konflik atau ketegangan, senyum dapat membantu meredakan ketegangan dan menciptakan perdamaian.

Namun, perlu diingat bahwa senyum dalam Islam harus selalu diiringi dengan niat yang tulus dan tidak boleh digunakan dengan cara yang tidak pantas atau mengecilkan nilai-nilai agama. Senyum yang tulus dan baik adalah yang datang dari hati yang ikhlas dan niat yang benar. [] Miftahudin

Baca Juga:  Kamu Harus Tahu! Inilah OOTD Perempuan yang Tidak Disukai Allah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post