Kiat-Kiat Merubah Kehidupan Menjadi Lebih Baik Menurut Islam

Menuju kehidupan yang lebih baik menurut islam
Gambar ilustrasi menuju kehidupan yang lebih baik menurut islam (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Setiap Manusia pasti memiliki masalah yang diberikan Allah.Seperti masalah perekonomian,Masalah keluarga,Masalah jodo dan masih banyak lagi.

Masalah yang ada itu sengaja Allah berikan untuk menguji keimanan kita.  Dalam mengatasi masalah masalah yang ada itu kita bisa merubahnya jika ada usaha dan tekad yang kuat dalam diri kita.

Firman Allah pada surat Ar Ra’d ayat 11

لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٌ مِّنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ يَحْفَظُونَهُۥ مِنْ أَمْرِ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوْمٍ سُوٓءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥ ۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ

Arab-Latin: Lahụ mu’aqqibātum mim baini yadaihi wa min khalfihī yaḥfaẓụnahụ min amrillāh, innallāha lā yugayyiru mā biqaumin ḥattā yugayyirụ mā bi`anfusihim, wa iżā arādallāhu biqaumin sū`an fa lā maradda lah, wa mā lahum min dụnihī miw wāl

Artinya : “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah  keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

Akar inti dari ayat ini adalah Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum jika mereka tidak merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.

Baca Juga:  Kenali Pentingnya Tujuan Hidup dalam Islam : Tips Hidup Lebih Bermakna!

Ini berarti ketika kita memohon dan mengadu dengan Allah  maka Allah akan mengabulkan doa kita apabila kita mau merubah  dan memperbaiki diri kita. Allah pastinya akan membuka peluang peluang yang ada untuk menjadi jembatan terkabulnya doa yang kita panjatkan.

Ini berarti harus ada usaha yang kuat juga yang harus kita lakukan agar Allah mengabulkan doa kita. Seperti kata pepatah, Usaha tanpa doa adalah sombong dan doa tanpa usaha itu sia sia.

Misalnya Jika hidup kita susah, kita masih bisa untuk merubahnya dengan berusaha dan berdoa serta tawaqal kepada-Nya. Saat nasib kita telah berubah, kita berhasil, hidup kita menjadi lebih baik, saat itulah secara tidak langsung kita juga merubah takdir Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dalam berupaya untuk  memperbaiki diri dalam Islam, secara umum dilakukan dengan cara mendekatkan diri pada Allah. Berikut Ikhtiar yang bisa kita lakukan untuk merubah nasib kita menurut islam yaitu

  1. Memperbanyak melakukan sholat

Sholat adalah ibadah yang wajib kita lakukan baik itu dari yang sholat wajib hingga sunnah. Sholat sendiri merupakan sarana komunikasi terhadap Allah.

Sehingga dengan memperbanyak sholat kita akan mendapat perlindungan dan kemudahan dalam menjadi hidup

Firman Allah pada Surat Al-Baqarah ayat 45 :

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ

Artinya :  : Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sesungguhnya (salat) itu benar-benar berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.

  1. Memperbanyak Sholawat  dan dzikir
Baca Juga:  Beberapa Jenis – Jenis Pohon dalam Islam beserta Maknanya

Dengan membaca Sholawat kita akan mendapat  Syafaat dan akan menjadi jalan kemudahan kita menghadapi semua permasalahan yang ada.

  1. Ibadah Malam hari

Rasulullah SAW mengatakan Barang siapa yang melepaskan ikatan ikatan setan dengan dzikir,Wudhu  dan sholat malam maka akan jiwanya akan menjadi lebih baik sedangkan yang tidak melakukannya akan menghadapi masalah dan kesulitan.

  1. Memperbanyak membaca Alqur’an

Dengan memperbanyak Al qur’an terutama apabila kita memahami setiap maksud yang ada daam al-qur’an niscaya permasalahan akan bisa di selesaikan karena dalam Al-qur’an berisi jawaban jawaban dari persoalan persoalan yang ada pada dunia .

  1. Memperbanyak membaca istighfar

Yang terakhir adalah dengan meperbanyak membaca istighfar terutama Sayyidul Istighfar.

Berikut bacaan Sayyidul Istighfar yang bisa kalian amalkan :

Allâhumma anta rabbî, lâ ilâha illâ anta khalaqtanî. Wa anâ ‘abduka, wa anâ ‘alâ ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu.

Dalam sejumlah riwayat dikatakan bahwa barangsiapa membaca doa diatas setiap pagi,dan apabila pada siang harinya ia meninggal maka berhak masuk surga.

Jika kita setiap harinya selalu mengamalkan dan mendekatkan diri kepada Alla salah staunya seperti yang tercantum diatas,InsyaAllah akan terjadi perubahan perubahan yang lebih baik dalam kehidupan kita. Untuk itu mari kita amalkan bersama sama untuk meraih keberkahan hidup dan mendapati kehidupan yang jauh lebih baik daripada sebelumnya. [] Fitri Novita Sari

Editor: Mohammad Riizal Ardiansyah

Baca Juga:  Pentingnya Adab Membaca Al Quran dalam Menggali Berbagai Amalan, Simak Penjelasannya!

Related Posts

Latest Post