Melangkah Ringan Tanpa Overthingking, Berikut Caranya Menurut Islam

Menghilangkan Overthingking Menurut Islam
Gambar Ilustrasi Menghilangkan Overthingking Menurut Islam (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Siapa disini yang suka berpikiran aneh-aneh sebelum melakukan? Siapa juga yang selalu menghawatirkan sesuatu yang belum tentu terjadi?

Jika kalian sering mengalami hal demikian, berarti kalian sedang overthingking. Overthingking merupakan berpikir mengenai banyak hal secara berlebihan. Sebenarnya memikirkan sesuatu yang ada adalah hal yang wajar. Akan tetapi, akan menjadi tidak wajar jika kita memikirkan hal tersebut secara berlebihan.

Orang yang overthingking biasanya memikirkan sesuatu yang cenderung negatif, padahal belum mengetahui kepastian dan kedepannya.

Secara kesehatan, ternyata overthingking ini tidak hanya berdampak pada kesehatan mental. Akan tetapi juga berdampak pada kesehatan fisik. Orang yang overthingking ini biasanya terkikis hatinya, sehingga sering tidak tenang, ragu-ragu, was-was yang berlebihan, dan lain sebagainya.

Perasaan yang demikian ini, tentunya akan mengganggu dalam menjalani kehidupan ini. Orang yang overthingking seringkali juga tidak mempunyai sandaran dalam menjalani hidup. Hal ini disebabkan rasa ragu dan was was tersebut menghalanginya untuk berkembang.

Dampak-dampak yang ditimbulkan dari adanya rasa overthingking ini tentunya sangat bertolak belakang dengan ajaran islam yang tentunya sangat mengajarkan pentingnya keyakinan, dan lain sebagainya.

Sebagai seorang muslim kita harus berusaha untuk menghilangkan rasa overthingking tersebut. Kita tidak boleh terjebak didalamnya. Oleh karena ini mari kita simak cara terbaik untuk mengatasi overthingking tersebut.

  1. Mengubah cara berpikir
Baca Juga:  Sholat Adalah Kunci: Perbaiki Sholatmu Maka, Akan Baik Semua Amalmu

Pola pikir merupakan pokok dari segalanya. Orang yang overthingking biasanya selau berpikiran negatif mengenai sesuatu. Padahal mereka belum melakukannya.

Pola pikir yang seperti ini tentunya akan sangat mengganggu untuk perkembangan kita. Bayangkan saja kita belum melakukannya, tapi kita sudah berpikiran yang aneh-aneh tentang hal tersebut, bagaimana bisa maju?

Jika kalian dihadapkan dengan rasa overthingking yang tentunya mengarah pada pikiran negatif, cobalah untuk mengubah pola pikir tersebut. Ubahlah dengan pola pikir yang positif. Pola pikir yang positif tentunya akan sangat berpengaruh untuk keseharian kita.

Misalnya kalian besok mau ulangan Matematika. Jika kalian sudah berpikir negatif tentang ulangan tersebut, seperti “aku tidak bisa mengerjakannya, bagaimana jika soalnya susah” dan lain sebagainya, pastinya akan mengganggu segalanya, yang akhirnya akan mengalami kegagalan.

Jika muncul hal demikian ubah pikiran tersebut menjadi positif, seperti “aku pasti bisa mengerjakannya, aku pasti dapat nilai bagus”. Jika pikiran positif sudah tertanam, pastinya akan berdampak pada kita, seperti ikhtiar atau usaha yang keras, dan sebagainya.

  1. Berdzikir kepada Allah

Berdzikir akan selalu mengingatkan kita kepada Allah. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Orang yang overthingking selalu dihantui rasa ragu, tidak tenang, was was dan sebagainya. Jika kalian dilanda rasa overthingking, segeralah ingat Allah dan berdzikirlah.

Dengan berdzikir, akan menenangkan batin kalian. Jangan biarkan pikiran kalian kosong. Jika pikiran kalian kosong, tentunya akan membuat kita berpikir lagi dan lagi. Hal ini tentu saja akan semakin meningkatkan rasa overthingking tersebut. Selain itu, dengan berdzikir tentunya akan senantiasa mendapatkan kebaikan demi kebaikan.

Baca Juga:  Cara Menghadapi Kesulitan atau Cobaan Hidup dalam Islam

Rasulullah SAW bersabda “Tiada suatu kaum yang duduk sambil berdzikir kepada Allah melainkan mereka akan dikelilingi oleh malaikat, diselimuti oleh rahmat dan Allah akan mengingat mereka di hadapan makhluk yang ada di sisi-Nya.” (HR. Bukhari).

  1. Bertawakkal kepada Allah

Orang yang overthingking selalu berkelahi dengan pikirannya sendiri. Rasa overthingking ini selalu muncul dalam situasi apapun.

Jika kalian dilanda rasa overthingking ini bertawakkallah kepada Allah SWT. Tawakkal artinya berserah diri kepada Allah SWT setelah melalukan ikhtiar yang maksimal. Pasrahkan segala sesuatu kepada Allah. Intinya begini, kalian sudah berusaha sebisa kalian, kalian tinggal memasrahkan segalanya kepada Allah.

Jika hal itu memang terbaik untuk kalian, pasti hal tersebut akan menemukan jalannya sendiri untuk bertemu kalian. Jika tidak, yakinlah pasti akan diganti yang lebih baik oleh Allah SWT. Jadi, jangan overthingking, yakin dan pasrahkan segalanya kepada Allah SWT.

Itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rasa overthingking. Hilangkanlah rasa tersebut, ingatlah Allah selalu. Segala hal terjadi itu tentunya sudah atas Allah SWT dan segala sesuatu itu sudah pasti yang terbaik dari Allah SWT untuk kita. So, jangan overthingking. Karena overthingking bisa menghalangi segalanya. [] Mirzalul Umam

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post