Yuk Cek! Ini Dia 4 Kiat-kiat Memilih Teman yang Baik Sesuai dengan Ajaran Islam

Memilih Teman yang Baik Menurut Islam
Gambar Ilustrasi Memilih Teman yang Baik Menurut Islam (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Dalam Islam, pertemanan sangat penting dan harus dijaga dengan baik. Teman yang baik akan memengaruhi seseorang menuju kebaikan, sementara teman yang buruk dapat membawa dampak negatif bagi diri sendiri.  Oleh karena itu, kita harus selektif dalam memilih teman dan memperhatikan siapa teman yang kita ajak bergaul.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda“Seseorang tergantung pada agama teman dekatnya, maka hendaklah salah seorang dari kalian melihat siapa yang dia jadikan sebagai teman dekat”.

Dari hadis ini, kita dapat menyimpulkan betapa pentingnya memilih teman yang baik dan memiliki nilai-nilai yang sejalan dengan ajaran Islam. Berikut adalah 5 kiat memilih teman dalam Islam yang dapat membantu kita dalam memperkuat hubungan kita sesama manusia.

  1. Memilih teman yang Memiliki Kesamaan Nilai dan Prinsip

Salah satu kriteria utama dalam memilih teman dalam Islam adalah kesamaan nilai dan prinsip. Teman yang baik adalah mereka yang memiliki pandangan hidup yang sejalan dengan nilai-nilai Islam. Kesamaan prinsip ini akan membantu kita untuk tetap berada di jalur yang benar dan menghindari godaan yang dapat menyimpang dari ajaran agama.

Dalam surat Al-Kahfi ayat 28, Allah SWT berfirman, “Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan petang dengan mengharap keridhaan-Nya, dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia kehidupan dunia ini, dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, dan menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk bersabar dan bergaul dengan orang-orang yang beriman dan menyeru Tuhannya di pagi dan petang hari dengan mengharapkan keridhaan-Nya. Kita harus memperhatikan siapa teman yang kita ajak bergaul dan janganlah mengikuti orang yang hatinya telah lalaikan dari mengingati Allah dan menuruti hawa nafsunya.

  1. Memilih teman yang Memiliki Kesetiaan dan Kejujuran
Baca Juga:  Larangan Politik Identitas, Apakah Relevan dengan Ajaran Islam?

Kesetiaan dan kejujuran dalam persahabatan sangat penting untuk memperkuat ikatan batin yang tidak mudah tergoyahkan. Memilih teman yang setia dan jujur akan menciptakan lingkungan yang penuh kepercayaan dan saling menghormati.

Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seseorang beriman sehingga ia mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri.” (HR Bukhari dan Muslim). Rasulullah SAW memberikan ajaran untuk tidak hanya peduli pada kepentingan pribadi, tetapi juga memperhatikan kebutuhan orang lain.

Kejujuran dalam persahabatan menciptakan lingkungan di mana kita dapat menjadi diri sendiri tanpa rasa takut dan menciptakan hubungan yang kokoh dan penuh kepercayaan.

Hal ini juga mencerminkan pentingnya untuk memberikan manfaat kepada orang lain, sebagaimana ajaran Islam yang menekankan pentingnya untuk memberi dan mencintai sesama.

  1. Memilih Teman yang Memberikan Banyak Manfaatnya

Memilih teman juga memerlukan kebijaksanaan. Rasulullah SAW memberikan petunjuk bahwa kita harus memilih teman yang dapat memberikan pengaruh positif dalam hidup kita.

Dalam sebuah hadis, beliau bersabda, “Orang yang paling baik adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” Oleh karena itu, kita perlu bijak dalam menilai apakah kehadiran teman tersebut dapat membawa manfaat atau justru membawa dampak negatif.

  1. Menghindari Teman yang Buruk Pengaruhnya

Teman memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku kita. Jika teman-teman di sekitar kita memiliki nilai-nilai yang positif dan mendukung, kita cenderung mengadopsi sikap dan perilaku yang sesuai.

Baca Juga:  Amar Ma’ruf Nahi Munkar dalam Kehidupan Sosial

Sebaliknya, teman yang buruk pengaruhnya bisa mendorong kita melakukan hal-hal yang tidak sehat atau bertentangan dengan nilai-nilai kita.

Teman yang buruk pengaruhnya dapat memengaruhi perilaku dan iman kita, oleh karena itu, bijaklah dalam memilih teman.

  1. Memilih Teman yang Mengingatkan pada Kebaikan

Teman yang baik adalah teman yang senantiasa mengingatkan kita pada kebaikan dan membimbing kita jika kita tergelincir ke jalan yang salah. Rasulullah SAW bersabda, “Agama itu nasehat.” Teman yang memberikan nasehat yang baik dan tulus adalah teman yang dapat membantu kita untuk tetap berada di jalan yang benar.

Oleh karena itu, memilih teman yang baik juga berarti memilih teman yang bisa memberikan nasehat yang baik dan membimbing kita pada jalan kebaikan. Selain itu, teman yang baik dalam Islam juga harus taat beribadah, mengedepankan kejujuran, dan bisa menjaga amanah dengan baik.

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, memilih dan memilah teman bukan hanya sekadar masalah pergaulan, tetapi juga merupakan bagian dari upaya untuk membentuk karakter dan kepribadian yang Islami.

Dengan menerapkan kiat-kiat di atas, diharapkan kita dapat menjalin persahabatan yang berkualitas dan bermanfaat baik untuk kehidupan dunia maupun akhirat. Semoga 5 kiat memilih teman dalam Islam ini dapat membantu Anda dalam memilih teman yang baik dan selalu dekat dengan Allah SWT. [] M. Akiyasul Azkiya

Baca Juga:  Inilah 10 Kebiasaan yang Sering Dilakukan tetapi Dilarang Rasulullah SAW, Yuk Mulai Ditinggalkan!

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post