Kalian Wajib Tahu, Inilah Beberapa Adab yang Perlu Diperhatikan Ketika Berada di Dalam Masjid

Adab Saat di Dalam Masjid
Gambar Ilustrasi Adab Saat di Dalam Masjid (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Masjid, sebagai rumah Allah yang suci, memegang peran penting dalam kehidupan umat Muslim. Selain sebagai tempat untuk menjalankan kewajiban salat, masjid juga berfungsi sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat Islam.

Keberadaan masjid bukan sekadar bangunan fisik, melainkan sebuah simbol kebersamaan umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ditempat ini kita dapat beribadah, berdoa, dan mencari ketenangan serta kita dapat berkomunikasi secara langsung dengan Sang Pencipta.

Dalam menjalankan segala aktivitas keagamaan di dalam masjid, tidak hanya aspek ibadah yang perlu diperhatikan, tetapi juga adab-adab tertentu yang mencerminkan penghormatan baik secara spiritual maupun fisik.

Adab-adab ini membentuk dasar etika dan tata krama yang seharusnya dijunjung tinggi oleh setiap orang ketika memasuki masjid.

Oleh karena itu perlu adanya pemahaman mengenai adab-adab yang harus diperhatikan saat berada di dalam masjid. Berikut ini adalah beberapa adab yang perlu diperhatikan ketika berada di dalam masjid.

  1. Sedikit berbicara dan menjaga ketenangan

Suasana di dalam masjid seharusnya selalu tenang dan penuh khusyuk. Saat memasuki masjid, hindarilah pembicaraan yang tidak penting dan berbicaralah dengan suara pelan.

Selain sebagai bentuk rasa hormat terhadap tempat ibadah, dengan melakukan hal tersebut kita senantiasa menjaga agar masjid menjadi tempat yang kondusif untuk beribadah.

  1. Menjaga kebersihan

Kebersihan adalah bagian dari iman. Setiap jamaah diharapkan untuk menjaga kebersihan masjid dengan tidak meninggalkan sampah atau merusak fasilitas yang ada. Jika ada kegiatan sosial atau keagamaan, pastikan untuk membersihkan tempat dan memastikan bahwa ruangan tetap terjaga dengan baik.

  1. Tidak mengganggu orang yang sedang beribadah
Baca Juga:  Pentingnya Basic Manner bagi Remaja di Era Modern

Jika kita berada di dekat orang yang sedang beribadah, kita harus berusaha untuk tidak membuat kebisingan atau melakukan kegiatan yang dapat mengganggu mereka. Kita juga harus menghindari penggunaan perangkat elektronik seperti handphone atau lainnya yang dapat menimbulkan gangguan ketika melakukan ibadah.

  1. Tidak melangkah di depan orang yang sedang salat

Melangkah di depan orang yang sedang melakukan ibadah (salat) merupakan perilaku yang tidak dianjurkan dalam agama Islam. Rasulullah SAW bersabda bahwasanya:

“Kalaulah orang yang melewati orang yang sedang sholat itu mengetahui hukuman baginya, maka berdiri (menunggu selesai sholat) 40 tahun lebih baik baginya daripada melewati orang yang sedang sholat.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Di riwayat lain Rasululllah SAW juga bersabda bahwasanya:

“Apabila salah seorang kamu sholat, maka hendaklah ia shalat menghadap sutrah, hendaklah ia mendekat ke sutrah, janganlah ia membiarkan seseorang lewat di hadapannya, jika seseorang datang melewatinya, maka hendaklah ia memeranginya, karena sesungguhnya itu adalah setan.” (HR. Abu Daud, an-Nasa’I dan Ibnu Majah, dari Abu Sa’id al-Khudri).

  1. Menghormati Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam dan ditempatkan di dalam masjid sebagai pedoman ibadah. Oleh karena itu, kita harus selalu menghormati Al-Qur’an. Jangan menyentuhnya tanpa wudhu, hindari membawanya dengan sembrono, dan letakkan di tempat yang layak, jangan meletakkan barang atau benda lain di atasnya.

  1. Tidak Merokok di dalam masjid
Baca Juga:  Mari Menjadi Hamba yang Bersyukur

Rokok akan menghasilkan asap dan bau yang dapat mengganggu ibadah dan membuat masjid tidak nyaman bagi jamaah yang lain. Oleh karena itu, merokok di dalam masjid harus dihindari. Jika kalian ingin merokok, tempatkan asap rokok di luar masjid agar lingkungan tetap bersih dan nyaman.

  1. Dilarang bermain-main di dalam masjid

Bermain-main di dalam masjid tidak sepantasnya dilakukan oleh siapapun baik anak kecil maupun orang tua sekalipun. Masjid, sebagai rumah Allah, adalah tempat suci yang digunakan untuk beribadah.

Bermain-main disini dapat diartikan seperti berlari-larian, bermain permainan fisik (petak umpet, lompat dll) maupun permainan secara digitial seperti bermain game online, atau membuat kebisingan yang tidak pantas seperti terlalu banyak bergurau dan membuat kegaduhan.

Itulah beberapa adab yang perlu diperhatikan ketika kita berada didalam masjid.

Sebagai umat Muslim, menjaga kesucian masjid adalah tanggung jawab kita bersama. Ingatlah bahwa masjid adalah tempat ibadah yang harus dijaga dengan baik. Dengan mematuhi adab-adab di atas, kita dapat senantiasa menjaga kehormatan dan ketenangan di dalam masjid.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan semoga kita selalu diberi kesempatan untuk beribadah di rumah Allah dengan penuh rasa syukur dan khidmat. [] M. Akiyasul Azkiya

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post