Mengapa Seorang Wanita Harus Berilmu?

Wanita Juga Wajib untuk Berilmu
Gambar Ilustrasi Wanita Juga Wajib untuk Berilmu (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org –  Secara garis besar, ilmu adalah sesuatu yang paling mulia di muka bumi ini. Ada salah satu tokoh Islam beliau mengatakam “Dari sekian banyaknya amal kebaikan, ilmu memiliki posisi paling atas”.

Mengapa demikian? Karena ilmu menunjukkan kepada kita semua, bahwaAllah swt. Menciptakan langit, bumi, manusia tujuannya hanya untuk ilmu.

Sebagian ulama mengatakan: Tidak mungkin di dunia ini ada seseorang yang bisa menguasai ilmu, walaupun dia belajar 1000 tahun.

Ilmu itu bagaikan lautan yang sangat dalam, maka tugas kita mencari ilmu-ilmu terbaik, yang sekiranya bisa bermanfaat bagi kehidupan kita.

Lalu, ilmu apa yang harus dipelajari oleh seorang muslimah?

  1. Ilmu khal, (Ilmu yang berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari). Misalnya tentang puasa Ramadhan kita perlu tahu rukun dan syarat puasa, ataupun hal lainnya yang berkaitan dengan puasa.
  2. Ilmu fiqih bagi perempuan, karena lebih dalam pembahasan, banyak dibandingkan dengan laki-laki. Terutama dalam ilmu masalah haid, istihadah, nifas, sering terjadi karena tidak tahunya ilmu. Terlalu menggampangkan “Sepertinya ini haid, ternyata itu darah istihadah yang mana orang istihadoh sama seperti orang suci”

Jadi, hikmah yang dapat kita petik ialah

  • Ilmu bisa menjaga diri, seorang perempuan secara fitrah lebih mengedepankan perasaan.
  • Jika seorang perempuan tidak punya ilmu, dia akan mudah bawa perasaan, akal yang digunakan, akan mudah dibodohi akan namanya cinta. Sedangkan perempuan yang punya ilmu, akan mengedepankan akalnya bukan perasaannya. [] Nurul Hikmah
Baca Juga:  What Is the Point of Creating a Stars and a Planet Besides Earth?

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post