Yuk Terapin Tips Berikut Ini Supaya Hidup Kita Bisa Lebih Bermanfaat, Simak Penjelasannya!

Amalan untuk Hidup yang Bermanfaat
Gambar Ilustrasi Amalan untuk Hidup yang Bermanfaat (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Dalam menjalani kehidupan ini, tentunya banyak sekali nikmat yang Allah berikan kepada kita. Maka sudah sepatutnya kita selalu mensyukuri nikmat-Nya. Jangan sampai kita sebagai umat muslim menjadi hamba yang tidak pandai mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Sudah kita ketahui bersama bahwasanya kita hidup di dunia ini memiliki keterbasatan usia. Kita juga tahu, bahwasanya waktu terus berjalan mulai dari detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, hari demi hari dan seterusnya.

Sebagai umat muslim, kita tentunya tidak menginginkan kehidupan ini berlalu dengan percuma. Kita tentunya menginginkan kehidupan yang penuh manfaat.

Untuk mencapai kehidupan yang bermanfaat, ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan. Berikut beberapa amalan yang bisa kita lakukan dalam memaknai kehidupan kita di dunia.

Yang pertama yaitu senyum, cara yang paling mudah akan tetapi kita terkadang sulit untuk melakukannya dan sebagai seorang muslim seharusnya kita melatih diri kita untuk bisa selalu memberikan senyuman kepada orang lain.

Mengingat banyaknya manfaat yang diperoleh ketika kita tersenyum, dimana dengan senantiasa membiasakan untuk tersenyum maka akan menyingkirkan kegelisahan hati dan juga rasa prasangka buruk kita terhadap orang lain, selain itu dengan kita senantiasa tersenyum maka secara tidak langsung memberikan kesan yang positif kepada kita, disenangi banyak orang dan akhlak yang baik karena senyum merupakan hal yang gratis dan menjadi ciri kerendahan hati kita ketika kita mengamalkannya.

Baca Juga:  Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Inilah yang Harus Kalian Siapkan !

Yang kedua yaitu mencari teman yang baik. Dalam menjalani kehidupan ini tentunya kita ingin memiliki banyak kenalan dan juga teman yang banyak, akan tetapi hal tersebut belum tentu semuanya bisa menjadi teman yang baik, mengapa demikian? Karena teman akan memiliki kesinambungan dalam kita menjalani hubungan pertemanan, maka dari itu diperlukan cara agar kita bisa mendekatkan kita kepada kebaikan dan juga manfaat dalam menjalaninya.

Yang ketiga yaitu selalu membantu orang lain. Kita membiasakan kebiasaan baik dengan apa yang kita miliki baik secara ucapan maupun tindakan yang kita lakukan.

Karena dengan kita selalu mengucapkan perkataan yang baik maka akan memberikan manfaat untuk orang lain dan tentunya untuk diri kita sendiri dan juga ketika kita selalu melakukan kebaikan akan memberikan kebahagiaan pada diri kita yang disadari atau belum disadari.

Yang keempat yaitu menjadi seorang yang qana’ah. Dengan sedikit apapun yang kita miliki maka ketika kita selalu bisa mensyukurinya maka hal tersebut sudah cukup bag kita.

Walaupun kita ketahui bersama bahwasanya kebahagiaan itu datangnya dari Allah swt, akan tetapi kita sebagai seorang muslim maka kita harus senantiasa berusaha untuk mengatur hati kita untuk selalu mengatur kebaikan yang kita lakukan. Kita seharusnya bisa tetap dalam kondisi hati yang tenang ketika kita menghadapi berbagai permasalahan, maka kita harus mengusahakan kondisi hati kita agar selalu bisa qana’ah.

Baca Juga:  10 Budi Pekerti Terpuji Anjing yang Perlu Diteladani Seorang Mukmin

Yang kelima yaitu mendekatkan diri kepada Allah Swt. Selain dari pada cara di atas maka hal terpenting yang wajib kita lakukan sebagai seorang muslim yaitu senantiasa menjalankan ibadah yang diperintah oleh Allah Swt.

Demikian penjelasan mengenai hal yang perlu kita lakukan agar hidup yang kita jalani menjadi lebih bermanfaat, mohon maaf atas kesalahannya dan terima kasih atas perhatiannya. [] Alfian Hidayat

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post