Pahala Luar Biasa! Ini dia Amalan-Amalan Kecil yang dapat Mengubah Hidup Anda

Amalan Kecil Berpahala Besar
Amalan Kecil Berpahala Besar (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Seringkali kita melewatkan atau mengabaikan betapa berharganya amalan-amalan dalam kehidupan sehari-hari.

Tetapi sebenarnya, dalam Islam, amalan-amalan kecil ini ternyata memiliki pahala yang luar biasa.

Setiap tindakan baik yang dilakukan dengan niat ikhlas dapat menjadi investasi besar di akhirat. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa amalan kecil yang bisa memberikan pahala yang besar kepada kita.

  1. Senyum

Senyum adalah amalan sederhana yang bisa membuka pintu-pintu hati. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Senyummu di hadapan saudaramu adalah sedekah.”

Dengan senyum, kita bisa mencerahkan hari seseorang dan membantu mengurangi beban yang mereka rasakan. Dan tentukan akan mendatangkan pahala juga bagi kita.

  1. Memberi Makan Orang yang Lapar

Memberi makan kepada orang yang lapar adalah salah satu amalan terpuji dalam Islam. Amalan ini membantu kita merasakan empati terhadap orang lain dan menciptakan solidaritas di antara sesama manusia.

“Barangsiapa yang memberi makan kepada seorang mukmin hingga membuatnya kenyang dari rasa lapar, maka Allah akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki oleh orang lain.” (HR. Thabrani).

  1. Istighfar

Istighfar adalah tindakan meminta ampunan Allah SWT. Dalam banyak hadis, Rasulullah SAW menekankan pentingnya istighfar.

Dengan mengakui dosa-dosa kita dan memohon ampunan dapat membersihkan hati dan mendekatkan diri kepada Allah.

  1. Membaca Basmallah Setiap Memulai Aktivitas
Baca Juga:  Sering Disepelekan, Berikut Beberapa Cara Mendidik Anak Sejak Dini dalam Islam

Terkadang kita lupa untuk membaca basmalah sebelum melakukan aktivitas. Padahal membaca basmalah memiliki nilai ibadah uang luas biasa.

Dalam suatu hadist, Rasulullah SAW bersabda, “Setiap amalan yang terdapat kepentingan di dalamnya jika tidak dimulai dengan (menyebut) nama Allah maka terputus (keberkahannya).” (HR. Abu Daud dan Nasa’i)

  1. Membaca Ayat Kursi Setelah Sholat

Ayat Kursi adalah salah satu ayat yang paling agung dalam Al-Quran. Membaca Ayat Kursi setelah sholat adalah amalan yang memperkuat iman dan melindungi kita dari berbagai masalah.

Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah setiap shalat wajib, niscaya tidak ada yang menahannya masuk Syurga melainkan kematian” (H.R. an Nasâi dan dishahihkan oleh al Albani di dalam kitab Shahih al Jami’, no. 6464)

  1. Sholat Sunah Dua Rakaat Sebelum Subuh

Sholat sunah dua rakaat sebelum ssholat subuh adalah amalan yang dianjurkan dan penuh berkah.

Rasulullah SAW bersabda: “Dua rakaat sebelum subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (H.R. Muslim).

  1. Membaca Doa Setelah Adzan

Membaca doa setelah adzan adalah cara untuk mendapatkan berkah ketika kita mendengar panggilan shalat.

Dalam suatu hadist Rasulullah mengatakan bahwa orang yang membaca doa setelah sholat akan mendapatkan syafaatnya kelak.

  1. Mendoakan Kebaikan kepada Orang Lain

Mendoakan kebaikan kepada orang lain adalah amalan yang mendatangkan pahala besar. Dengan mendoakan keselamatan dan kebahagiaan bagi sesama, kita juga mendapatkan berkah dalam hidup kita sendiri.

Baca Juga:  Keistimewaan dan Pahala yang Kita Dapatkan di Bulan Rajab

Dalam kesederhanaan amalan-amalan kecil ini, kita menemukan kekuatan besar untuk mengubah hidup kita dan membantu orang lain. Dalam Islam, kebaikan dan niat baik adalah kunci untuk meraih pahala yang luar biasa.

Semoga artikel ini menginspirasi kita semua untuk mengamalkan amalan-amalan kecil ini dalam kehidupan sehari-hari kita. Semoga kita semua mendapatkan berkah dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. [] Siti Atikah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post