Seni Menormalisasi Syukur agar Hidup Tidak Melulu tentang Mengeluh

bersyukur dalam hidup
Gambar ilustrasi bersyukur dalam hidup (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Jika kamu adalah satu dari sekian orang yang sering mengeluh. Namun, keluhan itu justru hanya tambah membuat capek dan tidak memberantas masalah dalam hidup kita.

Maka hati-hati barangkali itu adalah bentuk kufur nikmat. Untuk itu, mengubah perspektif kita untuk menormalisasi rasa syukur dapat membawa dampak yang luar biasa pada kesejahteraan kita. Mari kira coba terapkan tips berikut ini agar hidup lebih bersyukur:

  • Memulai pagi dengan hal yang positif

Mulailah hari dengan praktek kecil yang positif, seperti membaca dzikir pagi, tilawaj al-Qur’an, juga bisa dengan menuliskan tiga hal yang Anda syukuri di jurnal. Ini akan membantu kita dalam memfokuskan pikiran pada hal-hal baik yang ada dalam hidup

  • Temukan Kebahagiaan dalam Hal-Hal Sederhana

Kita sering mengambil hal-hal kecil dalam hidup kita sebagai hal yang biasa saja. Namun, belajar menghargai diri sendiri dalam hal-hal sederhana seperti masih bisa merasakan hangatnyabsinar matahari pagi atau senyum dari seorang teman dapat membantu kita lebih berterima kasih atas kehadiran mereka dalam hidup kita.

  • Melibatkan diri dalam Tindakan Kebaikan

Terkadang, membantu orang lain atau memberikan kontribusi positif pada komunitas, organisasi, volunteer dapat membuka mata kita terhadap berkat yang kita miliki.

Terlibat dalam tindakan kebaikan tidak hanya membuat orang lain merasa lebih baik, tetapi juga memberikan kita alasan lebih untuk bersyukur atas apa yang kita miliki.

  • Berlatih Mindfulness
Baca Juga:  Menuju Hidup Berkualitas dengan menerapkan Halal Lifestyle

Praktik mindfulness atau kesadaran diri dapat membantu kita lebih menyadari momen-momen sehari-hari yang patut disyukuri.

Ketika kita lebih terhubung dengan saat ini, kita lebih mampu melihat keindahan dan berkat dalam kehidupan sehari-hari.

  • Bagikan Cerita Positif

Bercerita positif atau momen-momen menyenangkan dengan orang lain dapat memperkuat rasa syukur dalam hidup kita.

Menceritakan pengalaman baik atau pencapaian kecil kepada teman atau keluarga tidak hanya membuat kita lebih bersyukur, tetapi juga menginspirasi orang lain untuk melihat sisi positif dalam hidup mereka.

Dengan mengadopsi seni menormalisasi syukur dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat membangun pola pikir yang lebih positif dan anti mengeluh.

Saat kita mulai melihat kehidupan dengan mata yang penuh syukur, bahkan dalam momen-momen sulit sekalipun, kita akan menemukan bahwa hidup ini penuh dengan berkat yang patut disyukuri. [] Laila Lutfi Fathin

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post