Dampak Dark Psychology Terhadap Seseorang Menurut Agama Islam : Haruskah Kita Waspadai?

Pandangan islam terhadap Dark Psychology
Pandangan islam terhadap Dark Psychology (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Dalam kehidupan manusia yang berkembang seiring dengan berjalannya waktu ada banyak sekali perubahan baik pada diri manusia itu sendiri ataupun lingkungan mereka. Karena perubahan itu manusia harus selalu mengikuti dan menyeimbangkan diri mereka dengan perubahan yang ada.

Salah satu hal yang banyak berubah dari manusia adalah sisi psikologisnya yang mana sangat berpengaruh terhadap perbuatan ataupun segala hal yang berkaitan dengan mereka.

Manusia memiliki banyak sekali sisi psikologis dalam diri mereka yang mana hal tersebut berkaitan erat dengan banyak aspek dalam kehidupan mereka.

Sifat dari seseorang akan bergantung pada keadaan psikologis mereka dan pada lingkungan mereka juga. Ada beberapa sisi psikologis yang baik untuk manusia itu sendiri tapi ada juga yang buruk untuk mereka.

Apalagi saat ini banyak sekali manusia terutama golongan remaja memiliki keadaan psikologis yang memprihatinkan. Mereka seringkali memiliki keadaan psikologis yang buruk bahkan dapat berdampak juga untuk orang lain.

Salah satu sisi psikologis yang buruk untuk remaja adalah dark psychology, untuk orang yang mempelajari ilmu psikologi pasti pernah mendengar istilah ini. Dark Psychology adalah suatu perbuatan atau sifat dari seseorang yang memiliki tujuan untuk memanipulasi orang lain untuk mencapai tujuan mereka.

Ada banyak sekali praktek dark psychology pada masyarakat kita saat ini dimana mereka akan menargetkan orang – orang yang memiliki sifat mudah untuk diatur atau dikendalikan.

Baca Juga:  Pentingnya Pernikahan Dalam Agama Islam, Simak Penjelasannya

Biasanya mereka akan memanipulasi target mereka dengan hipnosis, gaslighting, playing victim, intimidasi, penipuan, pemerasan, bahkan mereka juga bisa menggunakan pengaruh sosial mereka untuk memanipulasi target mereka.

Karena itu dark psychology menjadi salah satu sisi ilmu psikologi yang tidak pernah diajarkan secara resmi oleh akademisi karena bahaya yang mereka timbulkan pada orang lain. Lalu bagaimana dark psychology menurut agama islam?

Dalam agama islam kita diajarkan untuk melakukan perbuatan baik pada orang lain dan senantiasa memperbaiki diri dengan sifat – sifat yang baik. Lalu hal – hal yang sekiranya dapat memberikan dampak buruk terhadap diri sendiri ataupun orang lain sangatlah dilarang untuk dilakukan.

Karena dark psychology memiliki pengaruh yang buruk pada orang lain maka jangan sampai kita melakukannya hanya untuk keuntungan diri kita semata. Karena agama islam sangat tidak menganjurkan untuk melakukan cara – cara yang buruk hanya untuk keuntungan diri sendiri.

Dalam agama islam kita malah dianjurkan untuk melakukan hal – hal yang dapat memberikan manfaat baik pada diri sendiri maupun orang lain karena dapat memberikan pahala untuk diri mereka.

Sebagai umat muslim kita hendaknya senantiasa berhati – hati terhadap perlakukan orang sekitar terhadap kita. Jika ada perlakuan seseorang terhadap kita yang memiliki kemungkinan untuk memanipulasi kita maka hindari interaksi dengan mereka sebisa mungkin.

Baca Juga:  Pentingnya Manajemen Waktu dalam Islam

Karena menjauhi sesuatu yang buruk terhadap kita itu akan membawa dampak baik pada diri kita. Kita juga harus bisa mengurangi sifat atau perilaku kita yang memiliki kemungkinan untuk memanipulasi orang lain agar tidak menjadi dosa tersembunyi yang bisa membahayakan kita nanti. [] Idha Fitri Nuril Layliyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post