Kamu Harus Tahu! Musuh Utama Kita Ada 4

Musuh Utama Manusia
Gambar Ilustrasi Musuh Utama Manusia (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Teman-teman percaya tidak kalau kita mempunyai musuh? Kalau aku sih percaya. Lantas, musuh itu seperti apa sih?

Dapat dikatakan kalau musuh itu ialah sesuatu yang membuat kita rugi atau mengganggu kehidupan kita.

Berikut adalah penjelasan mengenai musuh, simak terus untuk mengetahui lebih detailnya. Happy Reading!

Jadi musuh utama kita itu ada 4 yakni syaitan, nafsu, syahwat, dan dunia

  1. Syaitan ini akan mengganggu urusan kita kepada Allah SWT. Syaitan akan berusaha menyerang dzahir dan batin kita. Dia akan menghiasi yang haram dan akan memburukkan yang halal.
  2. Nafsu cara mendidiknya yaitu dengan menahan diri atau berpuasa. Puasa tidak hanya menghindari dari perkara yang membatalkan puasa, akan tetapi daripada segala perkara yang melalaikan untuk mengingat Allah SWT.

Nafsu ini boleh diumpamakan sebagai api yang dapat digunakan untuk membakar kayu atau membakar rumah (Kebaikan atau keburukan).

Maka selalulah bertaubat kepada Allah SWT. Atas segala tindak tanduk, nikmat, dan segala perkara yang berlaku ke atas kita. Mintalah dijauhkan dari istidraj.

Syarat taubat itu ada 4: Menyesal atas perbuatan dosa, berhenti atas perbuatan maksiat tersebut, bertekad untuk tidak melakukannya lagi, meminta maaf jika dosa tersebut berkaitan dengan seseorang.

  1. Syahwat disini lebih kepada keinginan kita untuk bermaksiat dan meninggalkan ketaatan. Keinginan bersenang-senang tanpa menghiraukan syariat, keinginan mendapatkan kenikmatan tanpa bersyukur kepada-Nya.
  2. Terakhir adalah dunia. Ia akan menjadi cerita ketika kita sudah sampai di akhirat kelak, dunia dapat menyebabkan lupa terhadap tuhannya. Apabila kita terlalu membebani apa yang ada di dunia, maka bersiaplah untuk menerima ganjarannya di akhirat
Baca Juga:  Sejanggal Apapun Perilaku Gurumu Jangan Pernah Berprasangka Buruk Dengannya

Untuk itu teman-teman mahasantri sekalian, mulai sekarang ayo! Perangi keempat musuh kita, supaya apa? supaya kita dapat menjadi mahasantri yang keren akan tetapi tidak lalai terhadap perintah-Nya. [] Nurul Hikmah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post