Book Review ‘Aspek Hukum Bayi Tabung dan Sewa Rahim Perspektif Hukum Perdata dan Hukum Islam’

Buku Aspek Hukum Bayi Tabung Sewa Rahim
Buku Aspek Hukum Bayi Tabung Sewa Rahim

Judul : Aspek Hukum Bayi Tabung dan Sewa Rahim Perspektif Hukum Perdata dan Hukum Islam

Pengarang : Dr. H. Husni Thamrin, S.H., M.M., M.H

Penerbit : Aswaja Pressindo,Sleman Yogyakarta

Terbit Tahun : 2014

Tebal : viii 122 Halaman

Tanggal review : 13 November, 2023

Perkembangan teknologi modern menjadi alat penunjang bagi masyarakat di seluruh dunia, tak khayal itu semua merupakan solusi dari segala problematika di dunia ini. Kehadiran fertilisasi in vitro atau bayi tabung dan sewa rahim menjadi angin segar bagi para pasangan suami istri yang sulit mempunyai keturunan.

Namun tidak serta merta hasil Teknologi ini menghasilkan efek yang positif dari segi kajian berbagai ilmu, terutama ilmu hukum. Oleh karena itu buku ini sangat penting dimiliki oleh para dosen dan mahasiswa, serta praktisi hukum khususnya dan para ahli kesehatan reproduksi dan kedokteran terkait bayi tabung dan sewa rahim.

Buku ini membahas tentang isu-isu hukum yang timbul dari praktik bayi tabung dan sewa rahim di Indonesia, baik dari sudut pandang hukum perdata maupun hukum Islam. Terdapat banyak sekali berbagai sudut pandang mengenai bayi tabung dan sewa rahim yang di mana pandangan-pandangan tersebut sangat sesuai di terapakan di negara kita ini, mengingat hukum di Indonesia yang plural dan kebanyakan penduduknya adalah kaum muslim, buku ini akan mengupas seluruh pertanyaan yang menjadi problem sesuai kebutuhan di Indonesia terutama di bidang hukum itu sendiri Secara keseluruhan, buku ini merupakan karya ilmiah yang cukup komprehensif, informatif, dan aktual mengenai aspek hukum bayi tabung dan sewa rahim di Indonesia.

Baca Juga:  Book Review 'Ketika Barat Memfitnah Islam'

Buku ini juga memberikan pandangan yang seimbang antara hukum perdata dan hukum Islam, serta mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, dan kebijaksanaan. Buku ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi para akademisi, praktisi, dan masyarakat yang tertarik dengan topik ini.

Reviewer: Rifki Arif Maulana (Mahasiswa Program Studi Hukum Tata Negara UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)

Related Posts

Latest Post