Bahaya Tidur Setelah Sholat Subuh Menurut Pandangan Islam

Tidur setelah sholat subuh
Tidur setelah sholat subuh (Pinterest - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Waktu subuh atau fajar merupakan waktu yang memiliki banyak keberkahan didalamnya. Karena banyaknya keutamaan di waktu fajar, Allah SWT sampai bersumpah pada salah satu firman-Nya di surah Al-Fajr ayat 1, yang artinya “Demi Fajr”.

Ketika Allah sudah bersumpah terhadap suatu ciptaan-Nya maka pasti didalamnya terdapat keutamaan yang sangat besar namun banyak manusia yang tidak mengetahui bahkan lalai untuk menggapai keutamaan tersebut.

Dalam salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, at – Tirmidzi, an-Nasa’I dan Ibnu Majah, Rasulullah SAW, sampai meminta kepada Allah untuk memberkahi umatnya di waktu pagi. Karena begitu pentingnya waktu pagi dalam pandangan Islam.

Bahkan ketika seseorang melaksanakan 2 rakaat sholat sunah sebelum fajar, maka hal itu lebih baik dari dunia dan seisinya. Namun, kebanyakan dari kita lalai akan keutamaan ini karena lebih memilih untuk melanjutkan tidur ketika mendengar adzan berkumandang dari pada bangun dari tempat tidur dan segera mengambil wudhu.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Setan melilit leher seseorang di antara kalian dengan tiga lilitan ketika ia tidur. Dengan setiap lilitan setan membisikkan, ‘Nikmatilah malam yang panjang ini’. Apabila ia bangun dan mengingat Allah, maka lepaslah lilitan itu. Apabila ia berwudhu, lepaslah lilitan kedua. Kemudian apabila ia shalat, lepaslah lilitan ketiga. Sehingga ia menjadi bersemanagat. Tetapi kalau tidak (dilakukan), ia akan terbawa lamban dan malas.” (HR Bukhari – Muslim).

Baca Juga:  Berbaik Sangka: Kunci Menuju Kehidupan yang Damai dan Bahagia

Tidur merupakan aktivitas yang dibutuhkan setiap makhluk hidup untuk mengistirahatkan badan setelah seharian beraktivitas.

Namun, ada beberapa waktu tidur yang dilarang bahkan dibenci oleh Allah SWT, salah satunya adalah tidur dipagi hari setelah sholat subuh. Sahabat – sahabat Rasulullah SAW sangat membenci tidur diwaktu subuh atau sholat subuh hingga matahari terbit.

Karena pada waktu tersebut banyak keberkahan serta pahala yang Allah berikan kepada orang – orang yang memanfaatkan waktu tersebut dengan baik. Ketika pulang dari perang atau perjalanan jauh, para sahabat – sahabat terdahulu akan tidur setelah terbitnya matahari.

Ketika seseorang tidur setelah sholat subuh, maka pasti orang tersebut akan menjalani hari – hari dengan malas dan tidak produktif.

Hal ini juga sangat berbahaya bagi kesehatan, dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering tidur setelah sholat subuh atau pagi hari lebih rentan terhadap serangan jantung, stroke, diabetes, obesitas, dan juga penyakit kesehatan mental.

Masih banyak bahaya – bahaya lainnya yang dapat terjadi ketika seseorang tidur dipagi hari. Oleh karena itu, hindarilah tidur setelah sholat subuh atau pagi hari. Namun, jika anda memang benar – benar sangat mengantuk karena belum tidur semalaman atau begadang, maka tidurlah setelah matahari terbit dan usahakan tidak tidur dengan durasi yang lama.

Banyak cara untuk menghindari tidur setelah subuh atau saat pagi hari, seperti tidur lebih awal (tidak begadang) dan olahraga ringan setelah sholat subuh. [] Aulia Cassanova

Baca Juga:  Meningkatkan Emotional Quotient dalam Perspektif Islam

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post