Inilah Syarat Syarat Untuk Mendapatkan Surga

Menggapai surga di akhir perjalanan hidup
Gambar ilustrasi menggapai surga di akhir perjalanan hidup (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Hakikatnya manusia diciptakan di dunia bukan lain yakni untuk beribadah. Telah dijelaskan dalam Q.S. Adz Dzariyat Ayat 56, bahwasanya Allah berfirman “ Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melalinkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.”

Dan tafsir dari ayat ini adalah Allah menciptakan manusia dan jin semata mata agar mereka beribadah kepada-Nya. Allah menciptakan manusia bukan hanya untuk sekedar tidur, bekerja, makan, minum, tidur ataupun hanya untuk melakukan aktivitas dunia lainnya apalagi hanya  sebagai pelengkap dunia.

Out put perbuatan manusia di dunia adalah ketika di akhirat nanti. Manusia dengan ketaatannya akan mendapat terbaik disisi-Nya. Sebaliknya manusia dengan kekufurannya maka akan mendapatkan balasan atas kelalaiannya.

Adapun hal hal yang dapat dilakukan agar masuk surga, diantara lain:

  1. Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya

Iman artinya percaya atau yakin, dan yakin kepada Allah merupakan kunci masuk surga. Hal ini di wujudkan dalam kegiatan atau tindakan keseharian kita, seperti dalam menjalankan ibadah sholat, puasa, zakat, dal lainnya.

  1. Menjalankan Ibadah dengan Ikhlas

Seorang menjalankan ibadah dengan ikhlas juga merupakan salah satu kunci untuk masuk surga. Terdapat satu kisah seorang yang telah di vonis masuk neraka karena suatu hal.

Namun ketika dia menjadi ahli ibadah, di tanya apakah ridha jika atas ibadahnya pun ia tetap masuk neraka? Kemudian seorang itupun menjawab ridha karena dia beribadah benar benar mencari ridha nya Allah. Kemudian Allah tidak jadi memasukkan seorang tersebut kedalam neraka karena atas keikhlasannya tersebut.

  1. Berbakti Kepada Kepada Kedua Orang Tua
Baca Juga:  Wanita Berkarir Surga: Indahnya Syariat yang Telah ditetapkan oleh Allah untuk Kita Para Kaum Wanita

Surga ditelapak kaki ibu. Dalam surat Al Isra’ ayat 23 Allah berfirman yang artinya “Dan Tuhanmu telah memerintahkanmu supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik baiknya.

Jika salah seorang di antara keduanya atau keduanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlan kam mengatakan ah dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah  kepada keduanya  dengan perkataan yang mulia.

Demikianlah syarat syarat masuk surga, semoga kita semua ternasuk ahli surga dikemudian kelak. Sungguh kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT, dan kekurangan adalah murni dari saya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, Wallahu A’lam Bissawab. [] Rosi Daruniah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post