Rahasia Mengingat dan Menghindari Lupa: Berdasarkan Kitab Ta’limul Muta’alim

Menhindari Lupa Menurut Kitab Ta'lim Muta'alim
Gambar Ilustrasi Menhindari Lupa Menurut Kitab Ta'lim Muta'alim (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Tahukah kamu bahwa kemampuan untuk mengingat dan menghindari lupa bisa menjadi sebuah hal yang dapat kita kuasai?

Dalam kiitab “Ta’limul Muta’alim” Fasal 12 dapat disimpulkan sejumlah cara yang membantu kita dalam menghafal dan menjauhkan diri kita dari yang namanya lupa. Untuk mengetahuinya simak rahasianya sebagai berikut!

Sebab-Sebab Kuat Hafalan

  1. Kesungguhan dan Kontinuitas

Salah satu kunci sukses dalam hafalan adalah kesungguhan. Keinginan tulus untuk menghafal sesuatu adalah faktor utama.

Tetapi kesungguhan ini juga harus didukung oleh ketekunan dan kontinuitas atau biasa kita sebut dengan Istiqomah. Sebab hafalan yang baik memerlukan komitmen jangka panjang.

  1. Mengurangi Makan dan Memperbanyak Shalat Malam

Pengendalian makanan dan beribadah di malam hari adalah hal yang penting. Ini membantu dalam membersihkan pikiran dan mempersiapkan diri untuk waktu hafalan yang lebih efektif.

  1. Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an adalah salah satu cara terbaik untuk memperkuat hafalan. Bahkan lebih baik jika dilakukan dengan merenung dan memahami maknanya.

  1. Doa Sebelum Hafalan

Doa sebelum memulai sesi hafalan termasuk hal penting. Ini membantu kita dalam fokus dan memohon bantuan kepada Allah. Doa mengingatkan kita pada Allah dan memberikan berkah pada hafalan kita.

  1. Membaca Shalawat Nabi

Shalawat kepada Nabi adalah bentuk dzikir yang sangat kuat. Ini membantu dalam menciptakan lingkungan spiritual yang positif.

  1. Kebersihan
Baca Juga:  Bukan Soal Fisik! Beginilah Kecantikan Sesungguhnya Bagi Seorang Muslimah

Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan adalah penting. Ini menciptakan suasana yang bersih dan nyaman untuk belajar dan mengingat. Termasuk dalam menjaga kebersihan bisa juga dengan Bersiwak terlebih bersiwah adalah kesunnahan, jadi dengan melakukannya kita pun akan mendapatkan pahala.

  1. Makan Madu, Gula, dan Buah Zabib Merah

Beberapa bahan alami seperti madu, gula, dan buah zabib merah memiliki manfaat untuk hafalan. Makan 21 butir buah zabib merah setiap hari adalah kebiasaan yang dapat meningkatkan daya ingat. Buah ini memiliki sifat yang bermanfaat untuk otak.

Penyebab Lupa

Tidak hanya soal mengingat, kita juga perlu memahami apa saja penyebab lupa.

  1. Perilaku Maksiat dan Dosa: Perilaku maksiat dan dosa dapat merusak kemampuan ingatan. Kehidupan yang penuh dengan dosa bisa mengaburkan pemikiran dan daya ingat.
  2. Obsesi dan Kegilaan Terhadap Urusan Dunia: Terlalu fokus pada urusan dunia dan kesuksesan materialisme dapat mengganggu, membahayakan, serta mempengaruhi ingatan dan juga kemampuan menghafal kita.
  1. Kesibukan yang Berlebihan: Terlalu sibuk tanpa waktu untuk beribadah atau belajar juga bisa memengaruhi ingatan kita karena kurangnya waktu untuk menjernihkan pikiran dan mengasahnya.

Jadi, belajarlah dari kitab “Ta’limul Muta’alim” bahwa hafalan yang baik dapat tercipta dari kesungguhan, spiritualitas, doa, kebersihan, dan pemahaman. Ketika kita menjauhkan perilaku dosa dan obsesi dunia, kita dapat membantu menghindari lupa.

Baca Juga:  Adab dalam Bertelepon yang Bernilai Pahala

Semoga kita semua dapat mengamalkan ilmu yang telah kita dapat ini untuk mempermudah kita dalam menghafal dan menghindarkan kita dari melupakan apa yang telah kita hafal. [] Mila Amalia Insani

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post