Umat Muslim Wajib Tahu! Berikut Keutamaan Bersikap Jujur Menurut Islam

pentingnya bersikap jujur
Gambar ilustrasi pentingnya bersikap jujur (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Dewasa ini, sifat jujur sangat sulit untuk dijumpai pada diri seseorang. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah persaingan di era globalisasi saat ini semakin sengit.

Persaingan yang semakin sengit di berbagai bidang kehidupan membuat sebagian besar orang menghalalkan berbagai macam cara untuk mencapai keinginan dan tujuannya. Salah satu contoh yang kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah siswa yang menyontek ketika ujian.

Pada era globalisasi saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan sangat pesat. Hal tersebut menyebabkan materi pembelajaran yang disampaikan menjadi lebih kompleks. Hal tersebut tentu mendorong siswa untuk bertindak curang demi mendapatkan nilai/prestasi yang baik dengan cara menyontek.

Sifat ketidakjujuran tersebut juga sering dijumpai pada dunia kerja dan ranah orang dewasa. Ketidakjujuran bukan hanya mengakar pada anak-anak dan remaja, tetapi hal tersebut juga telah mengakar kuat pada orang dewasa, bahkan lansia.

Tentu sangat memprihatinkan apabila melihat tingkat kejujuran masyarakat yang semakin menurun seiring dengan berkembangnya zaman.

Agama Islam sendiri sangat menekankan agar para pemeluknya senantiasa bersikap jujur. Hal tersebut dibuktikan dengan hadist Rasulullah SAW. yang berbunyi :

قُلِ اَلْحَقَّ, وَلَوْ كَانَ مُرًّا

Artinya : “Katakanlah yang benar, meskipun itu pahit” (H.R. Ibnu Hibban No. 2041)

Penggalan hadist di atas menunjukkan betapa pentingnya memiliki sifat jujur. Melalui penggalan hadist tersebut, kita dapat mengetahui betapa Rasulullah SAW. menekankan umatnya agar senantiasa bersikap jujur. Lantas, apa saja keutamaan dari bersikap jujur menurut Islam ?

Baca Juga:  Wajib Diamalkan! Inilah Keutamaan dan Cara untuk Membalas Kebaikan Orang Lain

Keutamaan bersikap jujur dalam meliputi :

  1. Terhindar dari golongan orang-orang yang munafik

Keutamaan pertama yang dimiliki oleh seseorang yang senantiasa bersikap jujur dalam segala perbuatan dan tindakannya adalah terhindar dari golongan orang-orang yang munafik. Hal tersebut sesuai dengan hadist Rasul yang berbunyi :

آيَة الْمُنَافِق ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اُؤْتُمِنَ خَانَ

Artinya : “Tanda-tanda orang munafik ada tiga, yaitu (1) ketika berbicara ia dusta, (2) ketika berjanji ia mengingkari, dan (3) ketika ia diberi amanat ia berkhianat” (H.R. Imam Bukhari)

Berdasarkan hadist tersebut, salah satu ciri dari orang munafik adalah berdusta (berbohong) ketika berbicara. Dengan kata lain, orang yang senantiasa mengatakan kebenaran (jujur), insyaallah tidak tergolong dalam golongan orang-orang munafik.

  1. Mendapatkan pahala dan ampunan dosa dari Allah SWT.

Keutamaan dari bersikap jujur yang lain adalah mendapat pahala serta ampunan dosa dari Allah SWT. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT. dalam Q.S. Al-Ahzab ayat 35 yang berbunyi :

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

إِنَّ ٱلْمُسْلِمِينَ وَٱلْمُسْلِمَٰتِ وَٱلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَٱلْقَٰنِتِينَ وَٱلْقَٰنِتَٰتِ وَٱلصَّٰدِقِينَ وَٱلصَّٰدِقَٰتِ وَٱلصَّٰبِرِينَ وَٱلصَّٰبِرَٰتِ وَٱلْخَٰشِعِينَ وَٱلْخَٰشِعَٰتِ وَٱلْمُتَصَدِّقِينَ وَٱلْمُتَصَدِّقَٰتِ وَٱلصَّٰٓئِمِينَ وَٱلصَّٰٓئِمَٰتِ وَٱلْحَٰفِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَٱلْحَٰفِظَٰتِ وَٱلذَّٰكِرِينَ ٱللَّهَ كَثِيرًا وَٱلذَّٰكِرَٰتِ أَعَدَّ ٱللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Artinya : “Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar” (Q.S. Al-Ahzab : 35)

  1. Mendapat keberkahan dari Allah SWT.
Baca Juga:  Keutamaan Khasiat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Keutamaan lain dari bersikap jujur menurut Islam adalah mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Hal tersebut dijelaskan oleh Imam Bukhari dan Muslim dalam hadistnya yang berbunyi : “Kedua orang penjual dan pembeli masing-masing memiliki hak pilih selama keduanya belum berpisah, bila keduanya berlaku jujur dan saling terus terang , maka keduanya akan memperoleh keberkahan dalam urusan tersebut.” (H.R. Imam Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadist tersebut, dapat disimpulkan bahwa seseorang yang senantiasa bersikap jujur akan mendapat keberkahan Allah SWT. atas urusannya. Sebaliknya, orang-orang yang tidak berlaku jujur, tidak akan mendapatkan keberkahan atas urusan mereka.

Cukup sekian artikel yang dapat saya persembahkan. Saya memohon maaf atas segala bentuk kekurangan maupun kesalahan yang terdapat dalam artikel saya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca serta dapat memotivasi para pembaca agar senantiasa bersemangat dalam menghadapi cobaan dan rintangan kehidupan.[] Muhammad Khoirul Anwar

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post