Ketahuilah! Circlemu Menentukan Siapa Dirimu

Circle Pertemanan Menjadi Penentu Akan Seperti Apa Kamu
Gambar Ilustrasi Circle Pertemanan Menjadi Penentu Akan Seperti Apa Kamu (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Bahasa trend masa kini, circle atau dalam bahasa Inggris artinya Lingkaran. Lingkaran yang dimaksud disini adalah lingkaran pertemanan/pergaulan dengan sesama.

Ternyata teman-teman circle ini memiliki pengaruh terhadap siapa diri kita saat ini atau justru kita dimasa depan.

Jadi apabila kita memiliki circle dengan orang-orang yang shalih dan shalihah maka kita juga menjadi salah satu bagian dari mereka. Tapi, kalo kita memiliki circle yang ahli maksiat maka kita pun tak ada bedanya dengan mereka.

Selaras dengan sabda Nabi yang diriwayatkan dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang shalih dan orang yang jelek bagaikan berteman dengan pemilik minyak wangi dan pandai besi. Pemilik minyak wangi tidak akan merugikanmu; engkau bisa membeli (minyak wangi) darinya atau minimal engkau mendapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau mendapat baunya yang tidak enak.” (HR. Bukhari, no. 2101)

Untuk itu, yuk sama sama kita perbaiki sistem pertemanan kita. Dengan memiliih dan memilah teman atau circle yang baik bagi kemajuan diri dan membentuk diri kita lebih baik kedepannya.

Misalnya, dengan kita mencari atau masuk dalam circle orang yang haus akan ilmu dan suka berpergian ke majlis ilmu. Insyaallah tujuan yang sama, yakni sama untuk mencari ilmu, sama untuk memperbaiki diri dan sama untuk mencari ridha Allah.

Baca Juga:  Melepas 3 Ikatan dari Setan Saat Bangun Tidur

Insyaallah circle seperti inilah cirle yang senantiasa Allah ridhai dalam setiap masanya. [] Lailia Lutfi Fathin

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post