Balasan untuk Orang yang Suka Bersedekah

Keutamaan Bagi Orang Bersedekah
Gambar Ilustrasi Keutamaan Bagi Orang Bersedekah (Unsplash.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sebagai umat muslim sudah menjadi kebiasaan baik untuk memperbanyak amal ibadah, salah satunya dengan bersedekah untuk membantu sesama yang membutuhkan. Dengan bersedekah, kita bukan hanya membantu orang lain, tapi juga membantu diri kita sendiri untuk menjadi lebih baik.

Dengan kita berbagi sedikit harta yang kita punya kepada orang yang membutuhkan merupakan sebuah tindakan kebaikan yang dapat mengukir kebahagiaan pada hati kita dan juga membuka keberkahan hidup bagi orang lain.

Dalam hal ini, ukuran kebahagiaan bukanlah pada jumlah harta yang kita punya, tapi pada kebahagiaan yang diri kita berikan kepada orang lain.

Dalam surah fatir ayat 29 dan 30 dijelaskan tentang janji Allah SWT kepada orang yang berinfaq secara sembunyi-bunyi ataupun yang berinfaq dalam keadaan terang-terangan.

Pada ayat ini Allah menjanjikan banyak hal kepada orang yang berinfaq , yaitu :

1. Perniagaan atau Perdagangan yang tidak mungkin rugi

Rasulullah SAW bersabda, bahwa nabi tidak akan berkurang harta atau merugi karena bersedekah, misal ketika kita berinfaq untuk masjid atau menginfakkan harta kita untuk orang lain atau keluarga maka infaq itu tidak akan mengarahkan diri kita pada kerugian.

2. Allah akan menyempurnakan bayaran atau upah

Seseorang yang berinfaq atau bersedekah di jalan Allah SWT  maka Allah SWT akan menyempurnakan balasan mereka.

Allah SWT tidak akan pernah memberikan balasan yang kurang akan hak mereka, contohnya jika seseorang berinfak dengan angka satu maka Allah akan menyempurnakan balasan 700 kali lipat kebaikan yang berlipat ganda.

Baca Juga:  Ternyata Allah Menjaga Tubuh Kita Tetap Sehat Loh! Ini Kata dr. Zaidul Akbar

3. Allah akan menambahkan anugerah atau karunia yang luar biasa

Bentuk anugerah atau karunia yang akan diberikan Allah SWT tidak hanya berupa bentuk harta yang akan melimpah, tapi juga bisa dengan kejutan yang kita tidak tau spesifiknya atau karunia yang luar biasa berupa kebahagiaan, kehormatan, kemuliaan, kesenangan dan kebahagiaan lainnya diantara karunia Allah SWT.

Dengan demikian, itulah 3 janji allah untuk seseorang yang bersedekah dan taat kepada Allah SWT. Semoga kita selalu diberi kesempatan untuk menunjukkan bahwa kita juga mensyukuri nikmat yang Allah SWT berikan dan bersedia untuk memberikan sebagian harta yang kita miliki untuk kebahagiaan orang yang membutuhkan.

Terakhir pesan saya untuk yang membaca artikel ini, jangan takut untuk terus memberikan sedikit harta yang kita miliki karena pada akhirnya kebahagiaan yang akan kita peroleh nanti nya akan jauh lebih besar dan mari bersama-sama mengajak orang lain untuk menebar kebahagiaan dengan melakukan aksi bersedekah kepada orang yang membutuhkan. [] Deya Sofia

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post