Kiat Masuk Surga Menurut Ali Bin Abi Thalib

Kunci Masuk Surga Menurut Ali bin Abi Thalib
Gambar Ilustrasi Kunci Masuk Surga Menurut Ali bin Abi Thalib (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Setiap orang apabila dihadapkan dengan dua opsi ; ingin masuk surga atau masuk neraka pastinya semua akan memilih untuk masuk surga. Surga memnglah tempat dambaan semua orang maka, tak mudah bagi semua orang untuk mendapatkannya.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai seorang muslim untuk mendapatkan surganya Allah.

Dikutip dari kitab Nashaihul ‘ibad, Syekh Nawawi Al-Bantani menjelaskan, Ali Bin Thalib berpesan barang siapa yang mengumpulkan enam perkara berarti di atelah mendapatkan kunci untuk membuka pintu surga dan menutup pintu neraka.

Syarat yang pertama, mengetahui dan mengenal Allah lalu menaati-Nya. Muslim yang baik adalah ia yang mengetahui setiap perintah dan larangan yang sudah Allah tetapkan, seperti itulah muslim yang baik bukan hanya berkata iman tapi enggan taat kepada-Nya.

Syarat kedua, mengenali setan dan memusuhinya. Maksudnya adalah mendurhakainya dan tidak menuruti perintah setan.

Syarat ketiga, mengenali akhirat sebagai titik akhir kehidupan dan merupakan tempat tinggal abadi sehingga kita harus menyiapkan bekal terbaik untuk menempatinya.

Syarat keempat, mengenali dunia adalah kehidupan yang fana dan akan segera lenyap tanpa terdeteksi waktunya. Untuk itu kita harus bersikap zuhud terhadap kehidupan di dunia ini.

Syarat kelima, mengenali perkara yang haq dan yang benar. Mengamalkn dan mengikuti sesuai dasar hukum yang telah ada.

Syarat keenam, mengenali perkara yang bathil bahwa itu adalah perkara yang menyimpang dan sikap kita adalah menjauhi dan tidak mengamlaknnya. [] Lailia Lutfi Fathin

Baca Juga:  Kamu Perlu Tahu! Inilah 10 Jenis Sedekah yang Paling Utama

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post