Melepas 3 Ikatan dari Setan Saat Bangun Tidur

Melepas Ikatan Setan Saat Bangun Tidur
Gambar Ilustrasi Melepas Ikatan Setan Saat Bangun Tidur (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda :”Setan membuat tiga ikatan pada tengkuk seorang di antara kalian jika ia tidur. Setan akan memukul setiap ikatan itu (sambil membisikkan), ‘Bagimu malam yang panjang maka tidurlah’. Jika ia bangun seraya menyebut nama Allah (berdzikir), maka terlepaslah sebuah ikatan. Jika ia berwudu, maka sebuah ikatan yang lain terlepas. Jika ia shalat, maka sebuah ikatan akan terlepas lagi. Lantaran itu, ia akan menjadi bersemangat lagi baik jiwanya. Jika tidak demikian, maka ia akan jelek jiwanya lagi malas.” (HR. Bukhari dan Muslim)”

Dalam hadis tersebut, telah ditunjukkan bahwa kita akan dibuatkan oleh setan tiga ikatan saat kita tidur, dan ikatan tersebut akan seperti sihir  yang dijalankan oleh setan untuk menghalangi seseorang untuk bangun malam.

Dalam hadis di atas jelas disebutkan bahwa setan memberikan bisikan dengan ungkapan malam itu masih panjang maka kita masih bisa tidur kembali, kata-kata tersebut dibisikkan supaya manusia tidur kembali dan melewatkan ibadah yang sangat penting pada saat sebelum shubuh.

Contohnya sholat tahajud, padahal waktu sepertiga malam merupakan waktu yang sangat mustajab untuk berdoa kepada Allah.

Lalu, bagaimana cara kita untuk melepaskan tiga ikatan yang dibuat oleh setan itu?

Dalam hadis di atas juga disebutkan dengan menyebut nama Allah lalu berwudu lalu dia sholat.  Dalam hadis  tersebut menggambarkan kita saat bangun tidur untuk langsung mengingat Allah dengan berdoa.

Baca Juga:  Harmoni Batin: Menyingkirkan Harapan Pada Manusia, Menemukan Ketenangan dengan Berharap Pada Allah

Dengan berdoa setelah bangun tidur kita dapat mendapat faedah dari dzikir secara umum, yaitu membantu mengusir setan, mendatangkan rasa bahagia, mencerahkan wajah dan hati, menguatkan badan serta dapat melapangkan rezeki kita.

setelah mengingat Allah kita berwudu dan terlepaslah ikatan ke dua. Setelah kita berwudu kita dapat merasakan kesegaran karena telah menyentuh air pagi yang dingin.

Selain itu, berwudu dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah karena dapat membantu membersihkan kotoran dan minyak yang menumpuk saat tidur, membuat nyaman dan hati tenang karena air wudu yang membuat kita merasa segar dan siap untuk memulai hari.

Setelah kita berwudhu kita dapat melakukan sholat apabila memang masih belum shubuh kita dapat melakukan sholat sunnah dan apabila telah memasuki waktu shubh maka kita laksanakan sholat shubuh.

Dengan melakukan semua amalan setelah bangun tidur tersebut insyaallah kita akan mmendapat yang sesuai dengan yang tercantum dalam hadis tersebut..

Semoga kita dapat melakukan amalan tersebut sehingga Alah hindarkan kita dari jiwa yang jelek dan rasa malas. semoga bermanfaat. [] Shofiyatul Afiyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post