Manfaatkan Masa Mudamu Sebelum Datang Masa Tuamu

Manfaatkanlah masa muda, jangan sampai menyesal
Gambar ilustrasi manfaatkanlah masa muda, jangan sampai menyesal (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Apakah teman-teman pernah mendengarkan kalimat “Kecil dimanja, muda foya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga” atau kalimat begini “alah, nikmatin dulu ga si mumpung masih muda”. Ungkapan tersebut apakah salah teman-teman? Tentu salah besar. Pengen masuk surga tanpa amal sholih tentu tidak bisa.

Waktu begitu cepat berlalu, ketika usia muda justru perbanyaklah dalam beramal sholih. Karena di masa muda ini adalah masa dimana kita masih sehat, masih kuat, masih bisa berfikir dengan baik, kesempatan yang banyak sekali. Justru masa muda itu janganlah disia-siakan.

Banyak orang yang menyesal karena di masa muda tidak beramal sholih. Itulah manusia, karena terlalu terbuai dengan kenikmatan dunia. Sehingga menyebabkan lalai. Padahal nikmat yang diberikan. Nanti akan ditanyakan oleh Allah swt. Seperti yang terkandung dalam surat At-takatsur ayat ke-8.

Teman-teman mahasantri, hargailah waktu. Karena waktu yang sudah berlalu tidak akan Kembali. Sangat disayangkan ketika waktu yang digunakan tidak untuk beribadah kepada Allah swt. Padahal Allah swt. Selalu memberikan kenikmatan kepada umat-Nya.

Coba kita lihat disekitar kita teman-teman. Banyak sekali yang masa mudanya digunakan untuk hal yang sia-sia, lalai terhadap-Nya. Ia terlupa, bahwa kehidupan di dunia sangatlah singkat.

Menyia-nyiakan waktu lebih parah daripada kematian. Karena menyia-nyiakan waktu berarti memutuskanmu  dalam mengingat Allah, sedangkan kematian hanya memutuskanmu dari dunia dan penghuninya.

Baca Juga:  Mengapa Kenikmatan Dunia Terasa Begitu Singkat?? Pembelajaran dari Puasa dan Berbuka

Nabi Muhammad saw bersabda: “Manfaatkan lima perkara, sebelum lima perkara. Waktu mudamu sebelum waktu tuamu, waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu, waktu kayamu sebelum waktu fakirmu, waktu luangmu sebelum waktu sibukmu, dan waktu hidupmu sebelum matimu”.

Jadi, manfaatkanlah masa muda untuk kebaikan. Seperti yang dijelaskan Allah swt. Dalam surat Az-zariyat ayat 56. Beribadah kepada Allah bukanlah di usia senja, beribadah kepada Allah disepanjang usia kita. Apabila kita menghabiskan waktu muda untuk beribadah, Rasulullah bersabda: “Ada tujuh golongan manusia  yang akan mendapatkan perlindungan di padang mahsyar, salah satunya adalah anak muda yang tumbuh dalam ketaatan”.

Ayo teman-teman mahasantri!. Mulailah dalam berkarya, belajar dan berkontribusi untuk agama Allah, selalu menebarkan kebaikan sampai kembali kepada-Nya. Dan Allah hisab amal baik yang telah kita perbuat. Jadilah pemuda yang  menginspirasi orang lain untuk berbuat kebaikan, jadilah pemuda yang mampu meneruskan perjuangan Rasulullah saw. [] Nurul Hikmah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post