Tahukah Kalian Kebiasaan Unik di Pesantren? Simak Berikut Ini!

Mahasantri Pesantrwen Riset Al-Muhtada (Dok. Pribadi - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Kebiasaan unik ini belum tentu terjadi jika kalian tidak di pesantren. Penasaran kebiasaan unik apa saja? Yuk simak.

Ketika mendengar kata pesantren, mungkin yang terbesit dalam pikiran adalah banyak kegiatan. Tentu, di pesantren berbeda dengan kita di rumah atau di kos, karena di pesantren ini kita hidup bersama orang banyak dengan berbagai macam keragaman.  Tapi perihal kebiasaan unik, ini terjadi di pesantren manapun.

Banyak sekali kebiasaan yang kita dapatkan selain dari kegiatan,

Makan bersama dalam satu tempat

Kapan lagi kita bisa makan bersama-sama dalam satu tempat? Jika makan bersama mungkin bisa di mana saja, tapi makan bersama dalam satu tempat menjadi kebiasaan di pesantren untuk menambah kenikmatan makan. Biasanya selesai acara, akan ada makan bersama-bersama menggunakan nampan sebagai tempatnya.

Mandi harus antri

Kamar mandi kosong? Eh, jangan asal masuk. Tanyakan dulu ada yang mengantri atau tidak, Karena biasanya para santri mengantri di kamar masing-masing. Namun tidak ada salahnya juga kita langsung masuk jika kamar mandi kosong, tapi biasa disebut menyela jika terdapat antriannya.

Barang sering berpindah tempat tidak jelas

Sering terjadi perpindahan barang yang tidak jelas, biasanya ini disebut dengan ghosob (mengambil atau memakai barang tanpa izin pemiliknya). Karena banyaknya orang, barang langganan yang sering berpindah tempat adalah sandal. Tetapi tidak hanya sandal, ada beberapa barang yang seperti memiliki kaki hingga berpindah tempat.

Baca Juga:  Mengenal Musawah dan Prinsipnya dalam Ajaran Islam

Berita akan cepat menyebar

Tidak heran lagi, karena banyak orang tentu berita mulut ke mulut ini sangat cepat menyebar. Terutama di kalangan santri putri, jika sudah kumpul menjadi satu jangan ditanyakan lagi. Tapi jangan salah paham, di kalangan santri putra juga  tersebar berita, hanya saja tidak secepat penyebaran putri.

Berhenti ketika melihat kaca

Biasanya saat sedang berjalan, kita melewati kaca jendela rumah tetangga. Rasanya seperti tidak afdol jika tidak mengaca terlebih dahulu, bahkan tidak hanya kaca jendela rumah, kaca spion juga bisa.

Tidur sambil duduk

Santri itu bisa tidur dengan berbagai macam gaya. Saat kegiatan menahan kantuk, bahkan saat mengantri kamar mandi juga bisa sambil tidur. [] Zahrotuz Zakiyah

Editor : Moh. Aminudin

Related Posts

Latest Post