Ingin Sehat dan Berpahala? Berikut Olahraga yang Disunnahkan Oleh Nabi Muhammad SAW

Olahragara yang disunnahkan Rasulullah
Gambar ilustrasi olahragara yang disunnahkan Rasulullah (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Dalam Islam semua olahraga itu diperbolehkan, asal tidak ada unsur yang diharamkan. Seperti misalnya tidak ada perjudian, tidak ada terbukanya aurat, tidak ada saling menyakiti, maka semua itu diperbolehkan dalam Islam selama itu memberikan manfaat.

Nah, dalam agama Islam sendiri terdapat olahraga yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW. hal tersebut sesuai dengan sebuah hadits yang berbunyi:

كُلُّ شَيْءٍ لَيْسَ مِنْ ذِكْرِ اللَّهِ فَهُوَ لَغْوٌ وَلَهْوٌ إِلَّا أَرْبَعَةَ خِصَالٍ : مَشْيٌ بَيْنَ الْغَرَضَيْنِ ، وَتَأْدِيبُهُ

فَرَسَهُ ، وَمُلَاعَبَتُهُ أَهْلَهُ ، وَتَعْلِيمُ السَّبَّاحَة

“Segala sesuatu yang tidak mengandung dzikirullah padanya maka itu adalah kesia-siaan dan main-main kecuali empat perkara: yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (H.R An-Nasai No. 8890).

Dalam hadits lain juga disebutkan bahwa : “Selain berolahraga seperti berlari, ada tiga lagi jenis olahraga yang direkomendasi Nabi SAW, yakni berkuda, berenang, dan memanah. Nabi SAW bersabda, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari kedua hadits diatas maka disini kita telah mengetahui bahwasanya olahraga yang disunnahkan dalam Islam itu ada tiga, berikut penjelasannya.

  1. Berenang

Olahraga berenang ini termasuk kedalam olahraga yang disunnahkan oleh Rasullah SAW. Sehingga selain menyehatkan dengan melakukan olahraga renang kita juga akan mendapatkan pahala. Dan selain itu juga ternyata olahraga renang adalah olahraga yang paling aman secara prosesnya dan metodenya.

Baca Juga:  Karakteristik Kepemimpinan Rasulullah SAW yang Patut Kita Pelajari

Kenapa paling aman? Karena dalam olahraga renang tidak ada benturan seperti halnya ketika kita bermain futsal dan main gulat misalnya. Jadi mengapa paling aman karena tidak ada yang namanya sentuhan fisik, dan sebagainya.

Kemudian juga gerakan sendi pun menjadi minimalis karena berada di dalam air. Kemudian juga olahraga renang hampir melibatkan semua anggota tubuh dan sendi seperti kepala bergerak, tangan bergerak, kaki bergerak bahkan jari-jari pun ikut bergerak. Berenang juga dapat melatih kekuatan otot tubuh dan memperkuat jantung hingga paru-paru.

  1. Berkuda

Berkuda menjadi olahraga sunnah pertama yang disebutkan dalam hadits. Banyak kebaikan dan juga keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan melakukan olahraga berkuda. Nabi Muhammad SAW menyebutkan keutamaan berkuda dalam H.R Bukhari, bahwasanya Allah telah tetapkan pada ubun-ubun kuda itu, terdapat kebaikan hingga hari kiamat. “Pada ubun-ubun kuda itu, telah ditetapkan kebaikan, hingga hari kiamat”(H.R Bukhari).

Manfaat dari berkuda sendiri yaitu dapat memperbaiki postur tubuh, untuk melatih menjaga keseimbangan, melatih koordinasi hingga melatih kecepatan berpikir karena kita harus menyesuaikan gerakan kuda yang kita tunggangi.

  1. Memanah

Memanah juga merupakan olahraga yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Disebutkan dalam sebuah hadits “Memanah dan berkudalah, dan kalian memanah lebih aku sukai daripada berkuda” (H.R Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Memanah sendiri memiliki banyak manfaat seperti dengan memanah maka dapat dijadikan sebagai sarana untuk melatih kesabaran, kelembutan, kekuatan, dan kasih sayang. Kemudian yang paling utama dari manfaat memanah adalah untuk melatih kefokusan kita.

Baca Juga:  Tangisan Rindu Kepada Rasulullah, Sebuah Kisah Inspiratif Islami Si Pohon Kurma Madinah

Semua manfaat yang didapatkan dari ketiga olahraga tersebut merupakan suatu keterampilan yang sangat baik untuk dikuasai oleh setiap muslim, maka sebagai seorang muslim mulailah melakukan olahraga terutama olahraga yang telah disunnahkan sekaligus dianjurkan secara langsung oleh Nabi Muhammad SAW. [] Aisyatul Latifah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post