Amalan-Amalan yang Disunnahkan Rasullulah pada Hari Jumat

Amalan sunnah di hari jumat
Amalan sunnah di hari jumat (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Banyak sekali keistimewaan yang ada di hari jumat, karena pada hari jumat semua amal kebaikan yang kita amalkan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Dan itulah sebabnya dikatakan hari jumat sebagai hari yang baik dan berkah.

Dalam hadis Riwayat Abu Hurairah dan Rosululloh bersabda:

“Hari terbaik (selagi matahari masih terbit) adalah hari Jumat. Pada hari itulah Adam diciptakan, pada hari itu pula ia dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya. Kiamat pun tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR Muslim)

nah setelah kalian mengetahui keistimewaan di hari jumat, sebaiknya lakukan amalan amalan sunnah berikut ini

  1. Berdandan, Bersiwak, Mandi niat hari jumat, hingga Memakai Wewangian

Sebagai umat islam, dikhusukan untuk laki laki sebelum melaksanakan sholat jumat alangkah baiknya dapat melaksanakan sunnah tersebut, diantaranya memakai baju bagus.

Baju bagus tidak harus baru tetapi baju yang rapi yang masih layak digunakan untuk mengahdap Allah SWT. Memakai wangi wanigan juga disuunnahkan bagi laki laki yang hendak menuju masjid untuk melaksanakn sholat jum’at.

Lalu ada mandi dihari jum’at. Jika mandi dihari jumat ini bisa dilakukan oleh Perempuan juga, tidak hanya laki laki. Caranya pun sungguh mudah seperti mandi biasanya pada umumnya, yang membedakan hanya kita meniatkan mandinya untuk melaksanakan mandi sunnah dihari jum’at.

  1. Berdoa di hari jumat
Baca Juga:  Masjid Pertama yang Dihancurkan atas Perintah Rasulullah SAW pada Sejarah Agama Islam, Bagaimana Kisahnya?

Ada hadis yang mengatakan bahwa berdoa dihari jumat merupakan doa yang mustajab. Dimana Ketika kita berdoa disalah satu waktu lalu meminta kepada Allah untuk meohon perlindungan atau hajat, dan waktu itu ternyata waktu yang Allah telah tentukan maka Allah akan mengabulkan permohonanya.

Waktunya kurang lebih setelah asar dihari jumat.  Maka dari itu perbanyaklah untuk berdoa meminta sesuatu kepada Allah SWT.

  1. Membaca Surat Al-Kahfi

Rosululloh bersabda, Sesungguhnya barang siapa membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya baginya antara dua Jumat,” (HR Hakim).

Jika kita setiap hari jumat rutin membaca surat Al-Kahfi maka akan mendapat syafaat di akhirat dan dapat menerangi saat hari kiamat tiba. Setidaknya dalam hidup sudah pernah membaca surat Al-Kahfi.

  1. Memperbanyak sholawat

Sebagai umatnya nabi Muhammad sudah seharusnya kita melafalkan sholawat atas nabi Muhammad. Memperbanyak sholawat dapat mendatangkan kepada kita syafaat dan petunjuk dari nabi Muhammad kepada umatnya yang mau bersholawat kepadanya.

Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa Adam dilahirkan pada hari jumat dan terompet sangkakala atau tanda bahwa hari kiamat sudah datang juga dihari jumat, maka dari itu perbanyaklah amal ibadah dan sholawat. [] Berliana Salwa Auliya

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post