Menggali Kecantikan Islami Sebagai Seorang Muslim

Kecantikan alami orang muslim
Kecantikan alami orang muslim (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Kecantikan adalah salah satu keindahan yang dapat dirasakan atau dilihat oleh orang lain. Dalam Islam, kecantikan memiliki dimensi yang mencakup aspek fisik, moral, spiritual, dan sosial.

Kecantikan perlu dijaga agar memancarkan kecantikan dengan sendirinya bagi seorang muslim dengan memperhatikan prinsip-prinsip dalam Islam. Berikut langkah untuk mewujudkan kecantikan islami yang bisa dilakukan seorang muslim diantaranya:

  1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Hal yang bisa dilakukan untuk memancarkan kecantikan yaitu menjaga kebersihan baik kebersihan pakaian maupun kebersihan tubuhnya. Seorang muslim yang menjaga kebersihan pakaianya dengan menggunakan pakaian yang tidak najis, dengan melakukan hal tersebut berarti seorang muslim sudah menjaga kecantikannya.

Selain itu, merawat tubuh dengan menjaga kebersihan kulit, rambut, dan gigi. Di dalam islam menjaga kebersihan tubuh dilakukan dengan melaksanakan wudhu untuk mensucikan dan melakukan mandi besar setelah haid.

  1. Menjaga Kecantikan Akhlak

Kecantikan akhlak merupakan salah satu yang bisa memancarkan kecantikan dalam diri seorang muslim. Seorang muslim dapat mempraktekannya dengan berperilaku sopan, jujur, dan sikap menghargai satu sama lain.

Selain perlu untuk meneladani perilaku Nabi Muhammad Saw. yang menjadi teladan umat islam. Menjaga kecantikan akhlak senantiasa dengan menjauhi perbuatan dosa dengan tidak mendekati yang berkaitan dengan larangan Alllah.

  1. Menjaga Etika

Seorang muslim apabila memiliki etika yang baik senantiasa kecantikan di dalam dirinya akan terlihat. Etika yaitu deskripsi gambaran seseorang muslim tersebut. Etika yang baik bisa dilakukan dengan menjaga sikap dan tutur katanya sesuia situasi dan kondisi.

  1. Menjaga Hubungan Dengan Allah (Spiritualitas)
Baca Juga:  Konsep Belajar Menurut Islam

Hubungan dengan Allah merupakan kunci yang paling utama. Seorang muslim yang memperbanyak ibadah dan selalu meningkatkan keimanan merupakan salah satu menjaga hubungan dengan Allah.

Dengan hal ini kecantikan dalam konteks spiritualitas dapat tercermin dalam ketenangan batin, rasa syukur, dan pengembangan diri secara holistik.

  1. Pengembangan Diri Dan Ilmu

Melakukan pengembangan diri dan ilmu merupakan salah satu untuk meningkatkan kecantikan dalam diri. Dalam konteks Islam, pengembangan ilmu dan diri dapat diarahkan sesuai dengan nilai-nilai agama dan membawa kebermanfaat baik untuk individu itu sendiri maupun masyarakat.

Penting untuk diingat bahwa kecantikan Islami bukan hanya terkait dengan aspek fisik, tetapi mencakup keseluruhan kepribadian dan perilaku yang mencerminkan ajaran Islam.

Menggali kecantikan Islami melibatkan usaha untuk menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat, serta mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalani hidup sesuai dengan petunjuk-Nya. [] Laila Amalia

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post