Tata Krama dalam Majelis dan Kuliah

Tata krama dalam kehidupan sehari-hari
Gambar ilustrasi tata krama dalam kehidupan sehari-hari (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Dalam dunia mahasiswa dan pelajar kita tak luput dari interaksi dengan orang lain dalam berbagai forum atau kuliah.

Dalam berinteraksi alangkah baiknya jika kita memiliki ilmu adab yang cukup yang bisa kita terapkan. Ada beberapa tips berperilaku dengan akhlak mulia dalam suatu forum atau kuliah yang dijelaskan oleh Syeikh Muhammad Syakir.

Mengucap salam

Ketika masuk dalam majelis ucapkanlah salam sebagaimana sunnah Rasulullah yaitu mengucap “Assalamu’alaikum” .

Hindari menggunakan ucapan lain selain salam. Barulah setelah kalimat salam diucapkan kita menambahkan dengan sapaan-sapaan lain sebagai pemanis dalam percakapan.

Meminta izin masuk forum

Memohon izin untuk masuk ruangan merupakan salah satu etika dalam majelis yang perlu diperhatikan. Sebelum masuk perkumpulan sebaiknya kita meminta izin terlebih dahulu.

Alasannya adalah karena boleh jadi dalam perkumpulan tersebut sedang membicarakan hal penting yang tidak boleh didengar oleh orang lain.

Tidak berebut tempat duduk

Jika terdapat orang yang lebih dulu datang, persilahkanlah dia untuk duduk terlebih dahulu. Janganlah kita merebut tempat mereka, karena sesungguhnya merekalah yang lebih berhak karena datang lebih awal.

Jika memang diperlukan untuk meminta tempat duduk, pastikan kita telah mendapat izin dari pihak yang bersangkutan tersebut. Utamakan sikap saling menghargai dengan sesama anggota forum.

Berbicara dengan sopan

Hindari kebiasaan menghentikan orang yang sedang berpendapat, apalagi yang disampaikan adalah hal penting. Ketika kita telah mendapatkan giliran, janganlah kita berlebihan dalam berbicara. Sampaikan secukupnya dan pastikan apa yang kita sampaikan relevan dengan apa yang sedang dibahas.

Baca Juga:  Sering Diabaikan, Inilah Keutamaan Menjawab Adzan dan Berdoa Setelahnya

Hindari tertawa berlebihan

Gunakan konsep “Sa’ah wa sa’ah”  yang diajarkan oleh Rasulullah yang maksudnya adalah semua ada waktunya sendiri. Termasuk dalam tertawa, di dalam forum hendaknya kita menghindari tertawa terbahak-bahak yang terkesan mengganggu.

Terlebih lagi jika tertaa dalam situasi yang tidak pantas, sungguh hal yang demikian jangan sampai terjadi karena akan menimbulkan kebencian.

Bijak dalam memilih teman

Dalam setiap forum pastinya kita akan menemui kawan baru dalam mengobrol. Maka dari itu alangkah baiknya kita untuk memilih teman yang berkualitas.

Jangan berteman dengan orang yang kurang baik akhlaknya yang suka berbuat ghibah atau bahkan mengadu domba.

Demikianlah beberpa tata krama atau adab dalam forum yang perlu kita ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang menuntut ilmu, aamiin. [] M. Afif Kurniawan

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post