Banyak yang Belum Tahu, Inilah Manfaat Memakai Sajadah saat Sholat

Sajadah untuk sholat
Sajadah untuk sholat (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sajadah adalah kain yang digunakan oleh umat Islam untuk alas tempat sholat. Sajadah  berasal dari kata sujud dalam bahasa arab.

Al Mughiroh bin syu’bah r.a. berkata Rasulullah saw biasa sholat di atas tikar dan kulit yang disamak.

Tetapi juga terdapat riwayat bahwa nabi saw terkadang sholat di atas khumroh (tikar kecil), terkadang juga sholat di atas tanah (tidak menggunakan sajadah) juga terkadang sholat di atas hashir (tikar besar).

Sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan sajadah bukan merupakan syarat apalagi fardhu sholat.

Juga perlu kita perhatikan bahwa kita harus selalu mengingat bahwa sajadah bukan merupakan syarat apalagi fardhu sholat karena salah satu syarat sholat adalah mengetahui fardhu-fardhu sholat. Tetapi disamping itu, juag terdapat beberapa manfaat menggunakan sajadah saat sholat.

  1. Kebersihan tempat sholat

Salah satu syarat sah sholat dalam kitab safinatun naja yaitu suci dari najis pakaian, badan, dan tempat. Perlu kita ingat bahwa sesuatu yang kotor belum tentu najis, tapi sesuatu yang najis jelas itu kotor.

Untuk menjaga kebersihan ini, dimaksudkan pada tempat yang kemungkinan tidak najis tetapi dia kotor.

Contoh saat sholat di lapangan, walaupun lapangan merupakan lapangan merupakan tempat yang kotor, tetapi dia dapat digunakan sebagai tempat untuk sholat saat hari raya Idul fitri. Maka untuk tetap menjaga kebersihan, kita dapat menggunakan sajadah sebagai alas saat kita sujud dalam sholat.

  1. Kekhusyukan
Baca Juga:  Kenali Salah Satu Aliran dalam Islam, yakni Sy’iah!

Pada saat sholat diperlukan juga kekhusyukan dan untuk itu kita perlu fokus. Sajadah, dapat membantu kita untuk fokus pada sholat juga dapat memberikan rasa lebih dekat kepada Allah pada saat sujud karena perbedaan rasa pada saat kita hanya memandang lantai daripada kita memandang sajadah dengan gambar khasnya.

  1. Tanda posisi

Pada saat kita sholat, kita anjurkan untuk memandang tempat sujud kita. Untuk itu, sajadah telah diperkirakan pada gambar apa tempat kita sujud.

Sehingga, walaupun kita baru kali pertama menggunakan sajadah tersebut kita dapat memperkirakan di mana tempat sujud kita nanti.

Demikianlah beberapa manfaat dari menggunakan sajadah pada saat sholat, Semoga bermanfaat. [] Shofiyatul Afiyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post