MasyaAllah! Inilah 10 Fakta Ilmiah dalam Al-Qur’an yang Sangat Mengejutkan Para Ilmuwan

Fakta ilmiah mengejutkan dalam Al-Qur'an
Gambar ilustrasi fakta ilmiah mengejutkan dalam Al-Qur'an (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sudah banyak ilmuwan yang telah mencoba untuk mengungkap misteri alam semesta ini.

Mereka berupaya untuk memecahkan misteri yang ada di alam semesta ini guna memberikan sumbangsi terhadap ilmu pengetahuan.

Perlu Anda ketahui sudah banyak ilmuwan yang dikejutkan dengan hasil percobaannya lho.

Mereka dikejutkan dengan hasil percobaannya yang ternyata penjelasannya telah terlebih dahulu ada di dalam Al-Qur’an.

Berikut 10 fakta ilmiah yang membuat para ilmuwan terkejut:

  1. Asal Kehidupan

Jauh sebelum pemikiran Thales yang paling fenomenal bahwa segala sesuatu berasal dari air, Al-Qur’an telah terlebih dahulu menyebutkannya.

Pernyataan tersebut telah dijelaskan dalam Q.S. Al-Anbiya: 30 yang artinya, “Kami jadikan segala sesuatu yang hidup dari air. Apakah mereka tidak percaya?”.

Jelas bahwa dalam ayat di atas telah menyebutkan bahwa air adalah sumber kehidupan.

Fakta lain juga telah diketahui bahwa seluruh makhluk hidup tersusun dari sel yang sebagian besar penyusunnya adalah air.

  1. Segala Sesuatu diciptakan Berpasangan

Pada tahun 1933 seorang ilmuwan asal Inggris yang bernama Paul Dirac memenangkan sebuah nobel atas keberhasilannya dalam sebuah penelitian.

Pada penelitiannya tersebut, ia membuktikan bahwa materi diciptakan secara berpasangan yaitu terdapat proton dan neutron dalam elektron.

Sebenarnya terkait hal di atas telah dijelaskan terlebih dahulu oleh Al-Qur’an yakni pada Q.S. Adz-Zaariyat:49.

“Dan segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah”.

Dari ayat tersebut kita belajar bahwa Allah telah menciptakan segala sesuatunya dengan berpasangan.

  1. Besi diturunkan dari Langit
Baca Juga:  Hipnotis dan Cara Terhindar dalam Perspektif Islam

Pada Q.S Al-Hadid: 25 telah dijelaskan bahwa, “Kami turunkan besi dengan kekuatan yang melekat yang besar dan banyak manfaat bagi umat manusia”.

Jika jumlah besi dalam sebuah bintang telah melampaui batas maka bintang tersebut akan meledak. Nah, peristiwa inilah yang disebut Supernova dan tentu saja bintang-bintang tersebut akan turun ke bumi.

  1. Pelindung Langit

Kita mengetahui bahwa langit itu melindungi bumi dari radiasi matahari yang berbahaya bagi seluruh makhluk hidup.

Hal ini juga sebelumnya telah dijelaskan pada Al-Qur’an sebelum para ilmuwan mengungkapkannya yaitu ada pada Q.S. Al-Anbiya:32.

“Kami membuat langit-langit pelindung. Namun mereka berpaling dari ayat-ayat kami”.

  1. Pegunungan

Pada sebuah buku yang berjudul Earth yang dituliskan oleh Frank Press menyebutkan bahwa gunung-gunung memiliki akar-akar yang tercantap didalamnya sehingga gunung-gunung memiliki bentuk seperti pasak.

Tanda-tanda tersebut sebenarnya telah dijelaskan oleh Al-Qur’an yaitu pada Q.S. An-Naba: 6-7, “Apakah kami tidak membuat bumi tempat peristirahatan? Dan gunung-gunung sebagai pasak?”.

  1. Perluasan Semesta

Pada Q.S. Az-Zariyat: 47 menyebutkan bahwa, “Dan Kami yang telah membangun alam semesta dengan kekuatan dan terus mengembangkannya”.

Alam terus berkembang dan mengalami perluasan itu juga telah dibuktikan secara ilmiah lho dan dijelaskan juga pada buku A Brief History of Time  yang dituliskan oleh Stephen Hawking.

  1. Orbit Matahari

Fakta ilmiah pada abad ke-20 mengungkapkan bahwa matahari bergerak pada orbit di sekitar pusat galaksi bimasakti.

Baca Juga:  Tidak Ada Alasan! Tetaplah Membaca Al-Qur’an Meskipun Terbata-Bata

Hal itu ternyata sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Al-Qur’an dalam Surah Al-Anbiya: 33, ”Dialah yang menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan, masing-masing mengambang di orbitnya”.

  1. Rasa Sakit

Penemuan terbaru dalam bidang biologi mengungkapkan bahwa terdapat reseptor rasa sakit di bawah kulit dan tanpa reseptor ini seseorang tidak akan merasakan sakit.

Pada Q.S. An-Nisa: 56 juga telah mengungkapkan, “Kami akan mengirimkan orang-orang yang menolak ayat-ayat dengan (neraka), ketika kulit mereka telah terbakar habis, kami akan menggantinya dengan yang baru sehingga mereka dapat terus merasakan sakit. Sesungguhnya Allah maha perkasa lagi maha bijaksana”.

  1. Prose Penciptaan Manusia melalui 3 Tahap

Pada Q.S Az-Zumar: 6 dikatakan bahwa, “Dia menciptakan kamu dari seorang diri kemudian dia jadikan daripadanya isterinya dan dia menurunkan untuk kamu delapan ekor yang berpasangan dari binatang ternak. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?”.

Nah, kejadian yang dimaksud tiga kegelapan ini memiliki penjelasan ilmiah karena pada kenyataannya proses penciptaan terjadi ke dalam tiga tahap yaitu tahap pre-embrionik, tahap embrionik dan tahap vetus.

  1. Fenomena Hujan Darah

Fenomena hujan darah pernah terjadi di langit Columbia pada tahun 2008. Saat itu bakteriolog setempat memastikan cairan yang jatuh tersebut adalah darah.

Baca Juga:  Masuk Surga Tanpa Overthinking dengan Al-Quran

Terkait fenomena hujan darah ini ternyata Al-Qur’an juga telah menerangkannya lho.

Fenomena tersebut disebutkan dalam Q.S. Al-A’raf:133, “Maka kami kirimkan kepada mereka angin topan, belalang, kutu, katak, dan darah sebagai bukti yang jelas tetapi mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum yang berdosa”.

Itulah 10 fakta ilmiah yang dapat dtemukan dalam Al-Qur’an, bahkan jauh sebelum ilmuwan menemukannya.

Semoga adanya pengetahuan mengenai hal ini dapat menambah keyakinan kita terhadap kebenaran Al-Qur’an. [] Raudhatul Jannah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post