9 Janji Rasulullah Untuk Orang yang Suka Mencari Ilmu Agama (Tolabulilmi)

Keutamaan Menuntut Ilmu
Gambar Ilustrasi Keutamaan Menuntut Ilmu (Freepik.com - Almuhtada.org)

Sebagai umat islam, kita diwajibkan untuk menuntut ilmu. Bahkan kewajiban menuntut ilmu itu tak ada batasnya alias selama hidup kita.

Menuntut ilmu memiliki banyak sekali keutamaan. Bahkan Rasulullah sendiri telah  menyebutkan beberapa keutamaan yang akan didapatkan oleh para penuntut ilmu.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda jika orang yang menuntut ilmu akan dijanjikan sembilan hal. Kesembian hal tersebut antara lain:

1.“Barang siapa yang diridoi oleh Allah SWT, Allah pasti mencerdaskan orang tersebut dalam perkara agamanya ( agama islam )”

2. “mencari ilmu itu wajib bagi setiap orang islam, orang yang meletakan atau mengajarkan ilmu kepada orang tidak tepat atau bukan ahlinya, itu diibaratkan seperti orang yang mengalugi babi dengan berlian, mutiara, dan emas”

Memberikan ilmu kepada orang yang bukan ahlinya seperti orang yang mengalungi babi dengan permata, mutiara dan emas. Meletakkan ilmu maksudnya menimba ilmu, kepada orang yang bukan ahlinya adalah perbuatan sia-sia.

Menimba ilmu kepada orang yang tidak punya kemampuan di bidangnya adalah perbuatan sia-sia. Sebagai contoh, ketika kita ingin mempelajari cara-cara merangkai listrik, maka lebih tepat kita menanyakannya pada guru bidang studi fisika. Tetapi ini dalam konteks mencari ilmu agama.

3.”Orang yang mencari ilmu itu para malaikat-malaikat mengembangkan sayapnya karena hurmat kepada tolabulilmi karena meraka ridho kepada apa yang dicari oleh tolab.”

Baca Juga:  Ikuti Sunnah Rasulullah Berikut Kalau Kamu Ingin Terlihat Berwibawa

4.Barang siapa yang mati dalam keadaan sedang mencari ilmu, orang itu akan ketemu oleh Allah dalam tingkatan dirinya sendiri dan orang termasuk dalam tingkatan kenabian.

5.”Dunia itu semuanya di laknati dan apa yang ada di dunia itu juga di laknati kecuali zdikir kepada Allah dan apa yang menyerupai zdikir dan orang yang mencari ilmu.”

6.”Sedekah/shodakoh paling utama yaitu ngajinya orang Islam lalu di ajarkan kepada saudara sesama Islam.”

7.”Allah dan Malaikat dan penduduk langit serta bumi bahkan semut dalam Leng (sarang bawah tanah semut) dan ikan itu semua memintakan maaf kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada masyarakat.”

8.”Allah itu tidak di sembah dengan apa yang lebih utama daripada pintar dalam hal agama, Yakin, satu orang yang pintar agama itu lebih merepotkan setan daripada seribuorang ahli ibadah.”.”Dan semua perkara itu pasti ada tiangnya atau penguatnya, nha tiang dari agama Islam adalah fikih (pintar).”

9.Rasullah bersabda

إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الجَنَّةِ فَارْتَعُوا

“Jika kalian melihat taman- taman surga, maka singgahlah”

Kemudia sahabat bertanya apa itu taman- taman surga ya rasulallah?

Rasulullah menjawab “ Taman-taman surga yaitu majelis ilmu.” [] Muhammad Ikhsanudin

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post