Gadlul Bashar : Perbuatan dengan Keutamaan yang Besar Dalam Perbuatannya Tapi Sangat Sulit untuk Dilakukan

Gadlul Bashar atau Menjaga Pandangan
Gadlul Bashar atau Menjaga Pandangan (Pinterest - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Seorang muslim tentunya memiliki syariah dalam agama islam yang harus dijalankan dalam kehidupan mereka.

Karena syariah tersebut akan membuat kehidupan mereka menjadi lebih tertata dan sesuai dengan kehidupan seorang muslim yang diajarkan oleh Allah SWT melalui Rasulullah SAW.

Dari sekian banyak syariah dan perbuatan yang harus dilakukan oleh seorang muslim, ada satu perbuatan yang mana memiliki keutamaan yang sangat besar jka kita melakukannya.

Tapi hal ini sangatlah sulit untuk dilakukan karena dalam kehidupan modern ini kita sering dituntut untuk melakukan interaksi dengan banyak orang. Kebanyakan interaksi seseorang tentunya dilakukan baik dengan sesama jenis maupun lawan jenis.

Jika perbuatan seperti pacaran dan ikhtilat masih bisa untuk dicegah seluruhnya karena kita masih bisa untuk berkomunikasi meski tanpa bertemu.

Tapi untuk Gadlul Bashar hal ini tidak berlaku padahal ia memiliki keutamaan yang besar bagi mereka yang melakukannya.

Lalu perbuatan apakah Gadlul Bashar itu sehingga dapat memiliki keutamaan yang besar? Gadlul Bashar adalah perbuatan dimana seseorang harus menjaga pandangan dari hal – hal yang buruk.

Para ulama’ tafsir menyebutkan bahwa Gadlul Bashar adalah menjaga pandangan agar tidak mengumbar pandangan dan malah “menikmati” pemandangan tersebut. Hal ini untuk mencegah seseorang dari segala hal buruk yang dapat menimbulkan fitnah atau maksiat.

Contohnya bagi laki – laki hendaknya menahan pandangan mereka dari wanita ataupun perhiasan mereka agar tidak menimbulkan fitnah bagi yang memandangnya.

Baca Juga:  Kamu Perlu Memperbaiki Shalatmu! Inilah 5 Keutamaan untuk Orang yang Shalat dengan Benar

Begitu pula sebaliknya bagi perempuan untuk menjaga pandangan mereka dari laki – laki lain yang bisa menjadi sumber fitnah bagi mereka.

Gadlul Bashar memiliki keutamaan yang sangat besar bagi seseorang karena perbuatan ini dicantumkan dalam QS An – Nur ayat 30 yang berbunyi :

قُلْ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُضُّوْا مِنْ اَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوْا فُرُوْجَهُمْۗ ذٰلِكَ اَزْكٰى لَهُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا يَصْنَعُوْنَ 30.

Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu, lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.

Adapun manfaat dari Gadlul Bashar adalah dapat meminimalisir seseorang dalam melakukan maksiat kepada orang lain apalagi lawan jenis.

Karena jika pandangan mereka terjaga pada orang lain, maka pikiran mereka juga akan terjaga dari nafsu ataupun keinginan lain yang bisa buruk untuk diri mereka sendiri ataupun orang lain.

Tapi untuk melakukannya pada zaman sekarang ini sangatlah susah karena dalam interaksi manusia saat ini hampir semuanya harus melakukan komunikasi dengan berbagai bentuk.

Apalagi dalam dunia kerja dan pendidikan dimana seseorang bisa saja diwajibkan untuk berkomunikasi dengan melihat lawan bicara secara langsung. Karena jika tidak dilakukan maka dianggap tidak mencerminkan cara kerja yang profesional dalam pekerjaan mereka.

Tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukannya sama sekali karena masih banyak cara untuk melakukan gadlul bashar. Mungkin kita bisa meminimalisir pandanga kita pada lawan jenis dan hanya melakukannya pada saat yng memang diperlukan saja.

Baca Juga:  Berikut Ini 5 Waktu Mandi yang Disunahkan Rasulullah Saw

Semoga kita bisa selalu mengerjakan syariah agama islam dengan baik supaya kehidupan kita dapat berjalan dengan baik sesuai arahan Allah SWT. [] Idha Fitri Nuril Layliyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyha

Related Posts

Latest Post