Kiat Meraih Cinta Nabi dengan Mengikuti Sunnah-Sunnah Rasulullah SAW

Mengikuti Sunnah Nabi
Gambar Ilustrasi Mengikuti Sunnah Nabi (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – As-sunnah dalam islam merupakan suatu perkataan Rasulullah.  As-sunnah sendiri merupakan pendamping Al-Qur’an yang merupakan wahyu Allah kepada nabi Muhammad SAW.

Sedangkan definisi as-sunnah menurut para pakar hadis adalah suatu atsar dari ucapan nabi, pekerjaan, persetujuan, sifat ketuhanan, sifat kemanusiaan, atau sejarah beliau Nabi.

As-sunnah sendiri tidak akan pernah terpisahkan dari kehidupan karena denfan kita mengetahu dan menjalankan sunnah nabi itu merupakan bentuk cinta kita kepada nabi.

Dengan mengetahui dan mengamalkan As-sunnah, kita akan mendapatkan cinta dari nabi sehingga terwujudlah makna muslim mencintai nabi pun sebaliknya.

Berikut sunnah sunnah nabi yang bisa ikuti dalam kehidupan sehari hari

  1. Melaksanakan shalat sunnah di rumah

Diriwayatkan    dari    Jabir : Rasulullah bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian telah melaksanakan shalatnya di masjid, maka hendaklah  ia  melaksanakan  sebagian  shalatnya  di rumah,  karena  sesungguhnya  Allah  mengaruniakan dari  shalatnya  (yang  dilaksanakan  di  rumah)  itu kebaikan pada rumahnya.”(HR. Muslim)

  1. Makan dengan tiga jari

Diriwayatkan  dari  Ka’ab  bin  Malik ia berkata: “Adalah Rasulullah makan  dengan  tiga jari, dan menjilati tangannya sebelum membersihkannya.”(HR. Muslim).

Sesungguhnya Makan dengan menggunakan tiga jari itu mengajarkan kita untuk tidak tamak dalam mengambil rezeki dan nikmat Allah swt. Dengan makan menggunakan 3 jari kita juga akan mendapatkan manfaat.

Dalam penelitian secara ilmiah di dapatkan bahwa tangan manusia mengandung enzim Rnase yang dihasilkan oleh tiga jari, yaitu ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah. Enzim itu berfungsi menekan aktivitas bakteri patogen dalam tubuh.

  1. Membuka   sebagian   anggota   badan   agar terkena air hujan
Baca Juga:  Manfaat Membaca Ayat Kursi dan Waktu Yang Disunnahkan Untuk Membacanya

Diriwayatkan  dari  Anas  ia  bekata:  Kami pernah kehujanan pada saat bersama Rasulullah eia berkata: Lalu Rasulullah emenyingkapkan pakaiannya  agar  (sebagian  badannya)  terkena  air hujan.   Maka   kami   berkata: Wahai   Rasulullah, mengapa  engkau  melakukan  hal  tersebut?  Beliau bersabda: “Karena sesungguhnya ia adalah (rahmat) yang  baru  saja  diciptakan  oleh  Allah .”(HR. Muslim).   Menyingkapkan anggota badan disini  yang di maksud adalah membuka sebagian anggota tubuh yang bukan merupakan aurat.

  1. Membunuh cicak

Diriwayatkan dari Abu Hurairah,ia berkata: Rasulullah bersabda:  “Barangsiapa  yang membunuh  cicak  dengan  satu  kali  pukulan,  ditulis baginya   seratus   kebaikan,   dan   barangsiapa   yang membunuhnya  pada  pukulan  yang  kedua,  baginya lebih   sedikit   dari   itu   (seratus   kebaikan),    dan barangsiapa yang membunuhnya pada pukulan  yang ketiga,      baginya   lebih   sedikit   dari   itu   (seratus kebaikan).”(HR. Muslim).

dalam salah satu hadits diriwayatkan cicak pada masa Rasul saat itu yang dianggap menimbulkan penyakit kusta sebagaimana disebutkan Badruddin Al-Aini dalam Umdatul Qari yang artiny : “Cicak tersebut terdapat zat yang dapat menimbulkan penyakit kusta,”

Menurut penelitian yang sudah dilakukan juga, Kotoran cicak itu mengandung bakteri Salmonella yang jika masuk ke tubuh manusia,menyebabkan demam,diare dan bahkan kejang pada bagian perut.

Diatas merupakan beberapa contoh sunnah sunnah Rasulullah yang seringkali diabaikan dan tidak dilakukan kita sebagaimana mestinya umat muslim. Sesungguhnya dengan mengikuti sunnah rasul kita akan mendapatkan rahmat dan hidayah dari Allah SWT.

Baca Juga:  Jangan Anggap Remeh Menyingkirkan Duri di Jalan, Karena Merupakan Cabang Iman

Untuk itu marilah kita berlomba lomba untuk melakukan sunnah sunnah rasulullahdimulai dari hal kecil saja supaya kita bisa menjadi manusia yang mendapatkan ridho Allah SWT. [] Fitri Novita Sari

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post