Renungan Manusia Dalam Hidup Di Dunia Ini, Simak Penjelasannya!

Merenungi Kehidupan Dunia
Gambar Ilustrasi Merenungi Kehidupan Dunia (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Allah Subhanahu Wa Ta’ala menciptakan manusia bukan tanpa adanya alasan dan menciptakan manusia untuk tidak mendapatkan rezeki. Maka dari itu kita sebagai manusia maka harus mempunyai tujuan yang jelas dalam hidup di dunia ini.

Pastinya kita semuanya sudah mengetahui bahwasanya manusia hidup di dunia ini hanya diberikan kesempatan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala hidup di dunia ini cuma sekali dan hal tersebut tidak bisa untuk hidup kembali di dunia setelah kita semua sudah meninggal.

Maka dari itu di dalam ajaran agama islam sangat menghargai waktu di dunia ini. Lebih lebih apabila kita selalu menghabiskan umur dan waktu kita tidak memberikan manfaat kepada diri kita pribadi dan orang lain. Penting untuk umat islam berhenti untuk membuang-buang waktu. Apalagi sampai malas-malasan dalam menjalani hidup di dunia.

Bangunlah dan lakukan sesuatu yang bermanfaat dalam hidupmu. Dan juga jangan sampai terbuai akan kesibukkan kehidupan dunia sehingga menomorduakan akhirat.

Kita harus yakin untuk berubah dan beda dari kebanyakan orang, bahwasanya kita diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar manusia itu sadar untuk bisa berkontribusi untuk bermanfaat terhadap makhluk ciptaan-Nya seperti dalam hal kemanusiaan.

Jadilah manusia yang ingin selalu untuk melakukan sebuah perubahan, baik itu untuk diri kita sendiri maupun untuk orang lain.

Coba kita sekarang tanyakan pada diri kita sendiri, tidakkah kita pada hari kiamat kelak ingin bertemu dan juga bersama dengan Baginda Nabi Muhammad Shallalahu Alaihi Wasallam? Juga ingin bertemu dengan para sahabat?

Baca Juga:  Pahala Luar Biasa! Ini dia Amalan-Amalan Kecil yang dapat Mengubah Hidup Anda

Apakah selama ini kita sadar jika selama ini yang kita lakukan bisa membuat kita bertemu dan bersama mereka kelak di akhirat? Lebih tinggi lagi apakah kita sebagai manusia biasa ini pantas untuk bersama di tingkatan surga yang sama dengan Rasulullah Shallalahu Alaihi Wasallam.

Coba kita ingat kembali dasar diciptakannya manusia oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan satu tujuan, yaitu mengenal dan mencintai Allah Subhanahu Wa Ta’ala, melaksanakan ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan semua akan kembali kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Jadi, mulai sekarang kita semua jangan menunda-nunda dan membuang waktu kita untuk tidak beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Maka jadikanlah hal tersebut supaya hatimu tergerak dan melakukan perubahan dengan cara sampaikan kepada orang lain dan juga ajak mereka kembali ke jalan yang lurus karena kemenangan didunia hanya datangnya dari agama Allah SWT.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman didalam Al Quran surat Al Maidah ayat yang ketiga

berfirman:

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا

Yang artinya: “..Hari ini Aku telah sempurnakan agamamu dan telah Aku cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Aku ridhoi Islam sebagai agama bagimu…”

Kemudian Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا : كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ

Baca Juga:  Menakjubkan! Hidup 2 Menit 1 Detik Menurut Buku Beyond The Inspiration

Yang artinya: “Aku meninggalkanmu dengan dua perkara, dimana kalian tidak akan pernah tersesat selama kalian berpegang teguh padanya dimasa apapun kalian hidup, Aku tinggalkan kalian dengan Al Quran dan dengan Sunnahku, selama kalian berpegang teguh pada keduanya.” (H.R. Malik)

Jadi bukan Al Quran dan Sunnah dengan pemahaman kita sendiri, akan tetapi sebagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan juga para sahabatnya pahami dan praktekkan di dalam kehidupan mereka.

Maka dengan itu semua dengan InsyaAllah hal tersebutlah yang akan mengubah hidup manusia dan kalian akan merasakan perubahannya sendiri, semoga bermanfaat. [] Alfian Hidayat

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post