Pentingnya Menjaga Hubungan Baik dengan Orang Tua dalam Islam

Hubunga Baik dengan Orang Tua
Gambar Ilustrasi Hubunga Baik dengan Orang Tua (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Menjaga hubungan baik dengan orang tua merupakan salah satu perintah Allah SWT dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist. Dalam QS. Al-Isra’ ayat 23-24, Allah SWT berfirman:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan berbuat baik kepada kedua orang tuamu. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai lanjut usia dalam pemeliharaanmu, maka janganlah engkau mengatakan kepada keduanya: ‘Ah’ dan janganlah engkau membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”

Rasulullah SAW juga banyak berpesan kepada umatnya untuk menjaga hubungan baik dengan orang tua. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda:

“Ridha Allah SWT bergantung pada ridha orang tua, dan murka Allah SWT bergantung pada murka orang tua.” (HR. Tirmidzi)

Ada banyak hikmah di balik perintah Allah SWT dan pesan Rasulullah SAW untuk menjaga hubungan baik dengan orang tua. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Orang tua adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Mereka telah mengandung, melahirkan, dan membesarkan kita dengan penuh kasih sayang.
  • Ridha orang tua merupakan salah satu kunci untuk meraih kesuksesan di dunia dan di akhirat. Rasulullah SAW bersabda, “Ridha Allah SWT bergantung pada ridha orang tua, dan murka Allah SWT bergantung pada murka orang tua.”
  • Menjaga hubungan baik dengan orang tua dapat mendatangkan keberkahan dan melimpahkan rezeki. Dalam QS. Al-Isra’ ayat 29, Allah SWT berfirman:
Baca Juga:  Pentingnya Menjaga Hubungan Baik Dengan Allah Dan Sesama Manusia

“Dan rendahkanlah dirimu di hadapan mereka berdua dengan penuh rasa kasih sayang dan ucapkanlah: ‘Wahai Tuhanku, sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangi aku di waktu kecil.'”

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga hubungan baik dengan orang tua:

  • Luangkan waktu untuk orang tua. Meskipun kita sibuk, namun kita harus tetap meluangkan waktu untuk orang tua. Kita dapat mengunjungi mereka, menelepon mereka, atau sekadar mengobrol dengan mereka.
  • Hormati dan patuhi orang tua. Orang tua adalah orang yang lebih tua dan lebih berpengalaman daripada kita. Oleh karena itu, kita harus menghormati dan mematuhi mereka.
  • Bersabar dan memaafkan orang tua. Tidak ada orang yang sempurna, termasuk orang tua kita. Oleh karena itu, kita harus bersabar dan memaafkan mereka jika mereka melakukan kesalahan.
  • Berbuat baik kepada orang tua. Kita dapat berbuat baik kepada orang tua dengan membantu mereka, memberikan hadiah kepada mereka, atau sekadar mendoakan mereka.

Marilah kita semua berusaha untuk menjaga hubungan baik dengan orang tua kita. Semoga dengan menjaga hubungan baik dengan orang tua, kita dapat meraih kesuksesan di dunia dan di akhirat. [] Moh. Aminudin

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post