Gaya Hidup Rasulullah, Dijamin Sehat!

Gaya Hidup Sehat
Gaya hidup sehat ala Rasulullah (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Gaya hidup mencerminkan pola konsumsi yang menggambarkan pilihan seseorang bagaimana ia menggunakan waktu dan uangnya.

Sedangkan sehat adalah keadaan baik fisik, mental dan spiritual yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara social maupun ekonomis.

Pada era digitalisasi ini generasi masa kini kurang menerapkan gaya hidup sehat, maka dari itu diperlukan penggerak agar generasi masa kini dan masa yang akan datang terbiasa untuk hidup sehat.

Berikut adalah beberapa cara hidup sehat rasul yang dapat dijadikan  acuan agar hidup menjadi sehat:

  1. Cara begadang Rasulullah

Dalam beberapa Riwayat disebutkan bahwa Rasulullah memiliki kebiasaan tidur yang relative singkat, beliau tidur selama empat jam setiap hari.

Menurut sebuah hadis, Rasulullah biasa tidur di awal malam dan bangun dipenghujung malam untuk menunaikan sholat tahajud.

Selanjutnya rasulullah biasanya tidur disiang hari untuk menggantikan kekurangan tidur dimalam hari. Ini artinya mari kita membiasakan diri untuk tidur lebih awal serta bangun lebih awal.

Ketika begadang, untuk menutupi kekurangan tidur dimalam hari kita biasakan untuk tidur siang. Tidak perlu terlalu memforsir tubuh kita perlu istirahat.

  1. Cara Hidup Sehat Rasulullah

Secara ringkas Rasulullah mengajarkan pola hidup sehat yang meliputi mengonsumsi makanan halal dan bergizi, mengonsumsi kurma dan madu, menjaga kebersihan diri.

Serta membaca doa sebelum dan sesudah makan, rutin berolahraga, dan mengendalikan emosi. Amalan amalan ini tidak hanya bermanfaat bagi Kesehatan fisik tetapi juga bagi kesejahteraan mental dan spiritual.

  1. Cara Makan Ala Rasulullah
  • Makan secukupnya; Rasul menekankan pentingnya makan secukupnya dan hindari makan berlebih
  • Makan dengan tangan kanan: Rasul biasa makan dengan tiga jari pertama tangan kanannya, yang dianggap sebagai cara makan yang paling baik.
  • Cuci tangan sebelum dan sesudah makan
  • Mulailah makan dengan pujian kepada Allah: Rasul biasa memulai makan dengan memuji Allah.
  • Makan lebih sedikit: Rasul menekankan kebiasaan makan llebih sedikit sebagai salah satu cara mencegah penyakit.
  1. Pola makan sehat Rasul
Baca Juga:  Buat yang Mau Menikah, Inilah Tata Cara Melamar Wanita Sesuai Syariat Islam

Generasi masa kini lebih memilih mengonsumsi fast food ketimbang makanan sehat seperi buah dan sayur karena dianggap lebih praktis dan enak. Rasul menganjurkan untuk mengonsumsi kurma, madu, barley/ biji bijian yang berkhasiat , sayuran dan buah buahan segar.

  1. Amalan sebelum tidur menurut rasulullah
  • Mengambil wudhu
  • Membaca ayat kursi
  • Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas
  • Membaca istigfar
  • Berdoa : rasul menganjurkan untuk berdoa perrmohonan sebelum tidur
  • Membersihkan tempat tidur

“Sungguh telah ada apada diri rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu( yaitu) bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan yang banyak mengingat Allah,” (Qs. Al Ahzab: 21).

Allah telah memberikan kita petunjuk bagaimana suri tauladann yang baik melalui rasulullah. Kita kendaknya senantiasa mencontoh segala sunnah rasul dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hari.

Harapannya, artikel ini mampu membuat teman teman semakin semangat dalam mengamalkan sunnah rasul secara konsisten. [] Adinda Aulia

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post