Sudahkah Kamu Lebih Baik Mengelola Waktu?

Mengelola Waktu Lebih Baik
Gambar Ilustrasi Mengelola Waktu Lebih Baik (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Apa sih yang menjadi tolak ukur apakah kita baik dalam mengelola waktu atau tidak? Simak penjelasan ini.

Waktu menjadi hal yang sangat berharga dalam hidup kita, tapi sayang sekali banyak orang acuh terhadap waktu.

Dalam channel youtube Jeda Nulis, Habib Husein Ja’far Al Hadar seorang pendakwah yang saat ini lebih di kenal dengan habib industri. Dalam channel youtubenya menyampaikan mengenai filosofi waktu muslim.

Tidak seharusnya kita sebagai seorang muslim payah dalam kedisiplinan waktu. Karena waktu itu sangat signifikan bagi ajaran Islam. Bahkan Allah dalam Al-Qur’an  bersumpah atas nama waktu, bukan sekali tapi berkali-kali. Seperti والعصر، والضحى، والفجر.

Disampaikan juga oleh Habib Ja’far bahwa manusia sukses di dunia dan akhirat adalah dia yang mengendalikan waktu sehingga selalu disiplin dan tidak terlambat.

Dan manusia yang gagal adalah manusia yang tidak bisa mengendalikan waktunya sehingga dia terlambat.

Orang yang tidak bisa disiplin waktu, ia zalim menganggu waktu orang lain, tidak menghargai orang lain, dan membuat orang lain membuang-buang waktunya. Salah satu adigium Arab berkata,

“Menunggu orang yang terlambat itu separuh dari azab”.

Jika kita tepat waktu, utamanya adalah kita menghargai diri sendiri, karena dengan begitu orang menghargai kita sebagai orang yang disiplin waktu.

Habib Ja’far juga mengajak kita mengulik satu per satu rukun Islam. Dari sholat sudah sangat jelas ada waktunya, kapan sholat Subuh, kapan sholat Dzuhur, kapan sholat Ashar, kapan sholat Maghrib, dan kapan sholat Isya’.

Baca Juga:  Ini Dia, Tips Cara Hidup Hemat Menurut Islam

Bahkan itu ditegaskan kembali oleh Nabi Muhammad SAW bahwa yang terbaik adalah sholat di awal waktu yang kita mampu menegakkannya. Karena Allah ingin mendidik melalui sholat, sebuah treatment agar kita salah satunya menjadi manusia disiplin waktu.

Namun masih ada mereka yang tidak melaksanakan sholat Subuh karena kesiangan, tidak sholat Dzuhur karena kerepotan, Ashar sedang di perjalanan, kemudian Maghrib ke-capek-an, dan akhirnya Isya’ ketiduran.

Selain sholat, puasa pun ada waktunya baik yang wajib di bulan Ramadhan maupun yang sunnah. Haji juga tentu adanya waktunya di bulan Haji, kita tidak bisa haji semau kita sendiri.

Karena Allah ingin kita disiplin waktu. Dalam salah satu hadits Qudsi Allah katakan melalui sabda dari Nabi Muhammad SAW, “bahwa Allah tersinggung kepada orang yang tidak disiplin kepada waktu dan akhirnya menyalahkan waktu karena ketidakdisiplinannya. Sebab kata Allah dalam hadits Qudsi, Akulah yang Maha Mengatur Waktu, kenapa kamu tidak taat kepada waktu itu? Padahal ketaatan pada waktu adalah bagian dari taat kepada Allah”. Justru kita sering kali mengeluhkan waktu, sehingga kemudian seolah-olah kita mengeluhkan ketetapan Allah.

Jadi buat teman-teman sekalian, tolak ukur apakah kita lebih baik dalam mengelola waktu atau tidak? Bukan membandingan diri kita dengan orang lain, karena setiap orang memiliki waktunya masing-masing. Sehingga kata Nabi Muhammad SAW,

Baca Juga:  Perlu Kamu Tahu! Ini Cara Meningkatkan Kebijaksanaan Diri Menurut Pandangan Islam

“Bandingkan dengan diri kita sendiri, siapa yang hari ini lebih baik dari kemarin, maka dia beruntung. Dan siapa yang hari ini sama dengan kemarin, maka dia rugi. Dan siapa yang hari ini lebih buruk dari kemarin, maka dia terlaknat.

Itu dia cuplikan penting yang disampaikan oleh Habib Ja’far dalam channel youtubenya. Yuk coba untuk lebih menghargai waktu, tidak perlu menunggu tahun baru untuk merenungkan waktu apa saja yang telah kita lakukan selama ini. Karena waktu terus berjalan, dan kita dapat merenungkan setiap detik. [] Zahrotuz Zakiyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post