Manifestasi Lisan yang Mempresentasikan Iman Di Dalam Hati Kita, Simak Penjelasannya!

Lisan Adalah Cerminan Iman Seseorang
Gambar Ilustrasi Lisan Adalah Cerminan Iman Seseorang (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Penting untuk kita ketahui bersama mengenai betapa pentingnya ucapan yang kita lontarkan dari lisan kita. Baik buruknya ucapan tergantung pada diri kita sendiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang menceriminkan iman di dalam hati kita.

Apalagi di zaman sekarang banyak hal yang terjadi dalam dunia nyata maupun dunia maya yang memancing diri kita untuk selalu berkomentar terutama gosip, maka dari itu jangan sampai apa yang kita ucapkan justru menjadi dosa lisan.

Allah SWT memberikan nikmat yang sangat besar kepada manusia yang seharusnya selalu disyukuri dan bisa digunakan dalam kebaikan yaitu sepasang bibir dan lidah sehingga manusia bisa berkomunikasi lewat berbicara kepada orang lain.

Jika kita benar-benar mensyukuri nikmat tersebut maka kita tidak akan berani untuk mengucapkan kata-kata tidak baik kepada orang lain dan juga ketika kita bisa menjaga lisan kita dengan baik maka hal tersebut bisa menghantarkan kita untuk masuk ke surga-Nya.

Ada satu pesan yang disampaikan oleh Rasulullah SAW. yang diriwayatkan oleh Sahl bin Sa’id RA. dan Abu Hurairah RA. bahwasanya barangsiapa yang menjaga apa yang ada diantara kedua rahangnya (lisan) dan diantara kedua pahanya (kemaluan) maka beliau menjamin baginya surga serta apabisa seorang hamba mengatakan hal yang diridhai Allah SWT. maka akan diangkat derajatnya.

Dari hadist di atas menunjukan apabila kita mengucapkan perkataan yang baik maka akan memberikan keberkahan yang sangat luar biasa terhadap kehidupan kita, misalnya dengan membaca Al Quran, mengucapkan kalimat thayyibah, beramar ma’rf nahi mungkar, saling mengingatkan dalam kebaikan, mengucapkan perkataan yang menyenangkan hati orang lain dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga:  Pentingnya Menjaga Kebersihan Hati dan Tips Praktis Dalam Menjaga Kebersihan Hati, Simak Penjelasannya!

Jadi, sebagai pengingat kita bersama bahwa perkara dua lubang yaitu mulut dan kemaluan kita harus benar-benar kita jaga dengan baik serta jangan sampai kita terpancing untuk melakukan yang berdampak buruk bagi diri kita dan juga orang lain.

Semoga kita selalu dalam kebaikan lisan dan terhindar dari keburukan lisan dan setiap perkataan kita selalu dicatat oleh malaikat yang kelak kita semua akan pertanggungjawabkan di akhirat, maka dari itu sibuklah dengan urusan kita masing-masing dan selalu memperbaiki diri kita sehingga kita akan selalu selalu berhati-hati dalam mengcapkan sesuatu dan tidak mudah untuk mencampuri urusan orang lain. [] Alfian Hidayat

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post