Tips Agar Terus Semangat Beribadah Menurut Ustadz Khalid Basalamah

Semangat Menjalankan Ibadah
Gambar Ilustrasi Semangat Menjalankan Ibadah (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Pernahkah kamu berada pada titik dimana kamu sedang malas untuk beribadah? atau mungkin kamu pernah merasa jiwa maupun ragamu sangat berat untuk beranjak menunaikan kewajiban ibadah yang telah ditetapkan?

Sebagai seorang manusia biasa, tentu sangat wajar apabila sesekali kita merasa malas dalam melakukan suatu aktivitas, termasuk di antaranya dalam beribadah memenuhi kewajiban kita sebagai seorang hamba.

Akan tetapi, kita tidak bisa terus-terusan bertahan pada rasa malas itu. Kita perlu berusaha agar semangat beribadah kita terus terjaga.

Penasaran bagaimana caranya agar semangat beribadah terus terjaga?

Berikut adalah tips dari Ustadz Khalid Basalamah agar kita terus semangat dalam beribadah.

  1. Membaca fadhilah terkait ibadah yang ingin dilakukan

Allah SWT telah memberikan petunjuk-petunjuk kenikmatan kepada hambanya yang beribadah. Setiap ibadah tentu memiliki keutamaan-keutamaan atau fadhilahnya masing-masing. Fadhilah sendiri merupakan janji positif Allah di ibadah yang kita lakukan.

Untuk itu, dengan mengetahui keutamaan dari suatu ibadah tentu bisa membantu memicu timbulnya semangat atau motivasi untuk beribadah.

  1. Jauhi semua fasilitas maksiat

Salah satu penyebab yang menjadikan seseorang malas ibadah ialah karena adanya dosa. Sekecil apapun dosa yang kita lakukan maka akan sangat mudah tergelincir untuk malas beribadah. Ibadah dan dosa memiliki kenikmatannya masing-masing, namun diantara keduanya tidak akan pernah disatukan.

Oleh karena itu, melakukan perbuatan dosa dapat berdampak pada timbulnya rasa malas beribadah sehingga kita perlu meninggalkan perbuatan dosa atau perbuatan-perbuatan maksiat agar semangat beribadah kita tetap terjaga.

  1. Bentuk komunitas dengan orang yang shalih/shalihah
Baca Juga:  5 Tips Interaksi dengan Allah agar Lebih Bermakna dan Efektif

Teman atau sahabat merupakan cerminan diri kita sendiri. Bersahabat dengan orang yang shalih/shalihah akan menjadikan kita terbawa dengan arus keshalihannya.

Sementara berteman atau berkumpul dengan orang-orang pendosa dapat menjadikan kita terbawa untuk melakukan perbuatan-perbuatan dosa juga. Untuk itu, memiliki lingkungan yang positif dan berada diantara orang-orang yang shalih dan shalihah dapat membuat kita menjadi lebih rajin beribadah.

Kebiasaan-kebiasaan kecil kita secara langsung maupun tidak dipengaruhi oleh orang-orang terdekat kita, begitupun dengan isi obrolan yang dibahas setiap kali berkumpul.

Demikianlah, beberapa hal yang bisa kita perhatikan lebih kedepannya. Dengan menerapkan beberapa hal di atas semoga dapat memicu sekaligus menjaga semangat beribadah sekaliggus keimanan kita. [] Khikmatul Laili

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post