Sholat Adalah Kunci: Perbaiki Sholatmu Maka, Akan Baik Semua Amalmu

Sholat Menjadi Amalan yang Paling Utama dan Penentu Baiknya Amalan Lain
Gambar Ilustrasi Sholat Menjadi Amalan yang Paling Utama dan Penentu Baiknya Amalan Lain (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sholat berasal atau berakar dari kata silatun seakar dengan kata wasola, silah dalam bahasa arab artinya sesuatu yang terhubung kuat sehingga saking eratnya sesuatu ini sulit dipisahkan.

Hubungan inilah yang melatih kita supaya terus terhubung denga Allah Swt. Sehingga tak terpisahkan pengawasan Allah SWT kepada kita, perlindungan Allah kepada kita, dan pemberian Allah kepada kita disetiap waktu tempat dimanapun kita berada itu di namakan Shalat.

Sholat merupakan wahyu yang diturunkan khusus untuk Nabi Muhammad SAW agar dikerjakan oleh umatnya. Diberikanya perintah sholat kepada Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu peristiwa besar dalam islam yaitu isra’mi’raj.

Sholat merupakan pokok penentu amalan lain yang di kerjakan oleh manusia. Jadi apabila seseorang benar sholatnya benar hajinya, jika benar sholatnya benar zakatnya, benar sholatnya benar pula interaksi dengan Al-Quranya, dan apabila baik dan benar shalatnya maka pasti baik hisabnya .

Dalam sebuah hadits yang berbunyi

Innaawwaluma yuhasabu bihil abdu yaumul qiyamah assolah

“sesungguhnya perkara pertama yang akan ditanya ketika nanti hari kiamat adalah sholat.”

Jika sholatnya baik maka akan baik semua amalnya, jika sholatnya tidak bagus maka akan berpengaruh keamalan yang lain dan itu sangat menentukan.

Jika seseorang sedang menghadapi kesulitan yang signifikan, maka bersujudlah untuk menemukan jalan keluarnya. Sholat yang menguatkan kita, menenangkan kita, meneguhkan kita, melembutkan hati kita, memudahkan urusan kita, dan melindungi kita dari semua bahaya dalam hidup kita.

Baca Juga:  Anjuran Merapatkan Shaf Saat Sholat Berjamaah

Maka dari itu marilah mulai sekarang kita sedikit-demi sedikit memperbaiki sholat kita, agar Allah SWT senantiasa memperbaiki hidup kita baik itu di dunia maupun yang paling utama yaitu kehidupan kekakal di akhirat. [] Muhammad Ikhsanudin

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post