Obat Untuk Menyembuhkan Penyakit Hati dalam Islam : Sebuah Wasiat dari Ibnul Qayyim

Mengobati penyakit hati
Gambar ilustrasi mengobati penyakit hati (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Wahai teman-teman sekalian, meskipun tak nampak wujudnya, penyakit hati bisa membawa kerugian diri kita sendiri. Penyakit hati bahkan dapat mendatangkan beragam keburukan dalam hidup.

Penyakit hati sendiri merupakan kondisi dimana batin atau moral seseorang sedang negatif atau dapat menimbulkan hal-hal tidak baik, seperti iri hati, sombong, hasad, dan lain sebagainya.

Sebagai manusia biasa, tentu kita tidak luput dari salah dan dosa. Termasuk halnya terkait penyakit hati ini. Entah hanya sekali atau dua kali, sebentar atau lama, boleh jadi kita pernah atau bahkan sedang mengalami penyakit hati.

Untuk itu, perlu kita ketahui beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai obat atau penyembuh ketika sedang mengalami penyakit hati.

  1. Menjaga Kekuatan Hati

Menurut Ibnul Qoyyim, beberapa bentuk yang bisa dilakukan untuk menjaga kekuatan hati adalah banyak melakukan ketaatan dan mendekatkan diri kepada Allah. Semua bentuk ibadah kepada Allah akan menjadi penjaga kekuatan hati manusia.

Allah SWT. berfirman “Demikianlahh kami turunkan kepada-Mu wahyu Al-Quran dari ketetapan kami, dan aku jadikan wahyu ini berbagai cahaya (karena dia menjadi sumber kekuatan bagi hati) yang dengan itu aku beri petunjuk siapa saja di antara hamba-hamba Ku yang aku kehendaki”. (QS. Asy-Syura: 52)

  1. Hindari Pantangan ketika Sedang Sakit Hati

Berbagai macam penyakit hati manusia adalah semua perbuatan dosa dan maksiat serta penyimpangan yang dilakuka oleh manusia.

Baca Juga:  Adab Membaca Al-Quran yang Wajib Diketahui

Dalam sebuah hadist diriwayatkan “Apabila sekorang hamba itu melakukan satu kesalahan, maka dititikkan dalam hatinya satu titik hitam, apabila dia memohon ampun, bertaubat, maka hatinya akan dibersihkan, namun kalau dia kembali mengulangi maksiat yang dia lakukan, akan ditambahkan titik hitam yang lain sampai titik hitam ini, menutupi seluruh permukaan hatinya.” (HR. Tirmidzi)

  1. Membersihkan Hati dari Semua Unsur-Unsur yang Membuatnya Sakit

Hal yang dapat dilakukan untuk membersihkan hati diantaranya adalah dengan bertaubat dan beristighfar kepada Allah SWT, karena orang yang bertaubat dan beristighfar maka  hatinya akan dibersihkan oleh Allah SWT.

Sebagaimana nabi saw. bersabda, “Orang yang bertaubat dari dosa itu sebagaimana orang yang tidak memiliki dosa.” (HR. Ibnu Majah)

Demikianlah tiga perkara yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit hati. Semoga kita semua dapat senantiasa menjaga kesehatan hati kita agar terhindar dari berbagai penyakit hati yang tidak baik.  [] Khikmatul Laili

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post