Ketahuilah! Adab Sebelum Membaca Al-Qur’an

Adab ketika sebelum membaca Al-Qur'an
Adab ketika sebelum membaca Al-Qur'an (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Al-qur’an merupakan kitab suci yang wajib dibaca dan dipelajari. Sebagai seorang muslim hendaknya membaca Al-qur’an karena Al-qur’an memiliki keutamaan yang luar biasa di dalam kehidupan dunia maupun di akhirat kelak.

Al-Qur’ân juga merupakan sumber dari segala hukum Islam dan petunjuk umat islam. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا

Maha Suci Allah yang telah menurunkan al-Furqân (Al-Qur`ân) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam. [al-Furqân/25:1].

Oleh karena itu, sebelum membaca Al-qur’an harus memperhatikan adab-adabnya sebagai bentuk mengangungkan Allah. Berikut adab sebelum membaca Al-qur’an sebagai berikut.

  1. Mepunyai wudhu sebelum membaca Al-Qur’an

Sebelum membaca Al-Qur’an diwajibkan untuk berwudhu terlebih dahulu. Karena Wudhu membersihkan hadats. Saat ingin membaca Al-quran diwajibkan dalam keadaan suci dari hadats besar maupun kecil.

  1. Menutup aurat serta menggunakan pakaian yang suci dan bersih.

Saat akan membaca Al-qur’an, pakaian menjadi hal yang perlu diperhatian. Seelum membaca Al-quran diwajibkan menutup aurat karena Al-Qur’an merupakan kitab suci Allah. Selain itu, pakaian yang digunakan harus dalam keadaan bersih dan tidak najis.

  1. Menghadap kiblat saat membaca Al-Quran.

Membaca Al-quran sama halnya dengan sholat. Hal ini sesuai dengan Rasulullah Muhammad SAW dan para sahabatnya yang biasa membaca Al-Quran menghadap kiblat. Ini menjadi tradisi dan contoh yang diikuti umat Islam.

  1. Tidak meletakkan Al-Quran di lantai.
Baca Juga:  Menyambut Malam Nuzulul Qur’an dengan Perbanyak Membaca, Begini Keutamannya!

Saat ingin membaca Al-quran lebih utama mempersiapkan hal seperti mempersiapkan meja untuk menaruh al-quran. Karena sejatinya Al-quran tidak boleh diletakan di bawah karena merupakan mushaf suci.

  1. Membaca “Bismillah”

Sebelum membaca Al-quran hendaknya membaca basmallah maupun taawudz. Hal ini dikarenakan tanda dimulainya membaca Al-qur’an dan mencerminkan niat yang baik serta kesadiran akan kehadiran Allah.

Perlu di ingat bahwa adab ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang khusyuk dan penuh hormat saat membaca Al-qur’an, serta menunjukan kesungguhan dan rasa takut akan allah dalam setiap langkah ibadah. [] Laila Amalia

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post